fbpx
Pasang iklan

Ini Efek Samping Jika Mengonsumsi Kombucha secara Berlebih

...

Gema – Kombucha adalah minuman teh fermentasi yang populer dengan banyak manfaat kesehatan. Kombuch kaya probiotik dan antioksidan. Selain itu, teh ini juga memiliki kualitas antimikroba dan telah terbukti dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung dan kadar gula darah. Tetapi meskipun kombucha baik untuk Anda, Anda tidak bisa minum terlalu banyak.

Berikut adalah 5 kemungkinan efek samping yang akan muncul jika minum terlalu banyak kombucha.

1. Dapat Mengakibatkan Kelebihan Asupan Kalori
Ada banyak jenis kombucha yang tersedia. Sementara beberapa rendah kalori, yang lain dapat memiliki hingga 120 kalori per botol. Meminum minuman kombucha sesekali tidak akan melukai pinggang Anda, tetapi minum kombucha setiap hari dapat berkontribusi pada konsumsi kalori yang berlebihan, yang dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Orang yang sering minum minuman berkalori tinggi lebih cenderung mengalami kelebihan berat badan atau obesitas daripada mereka yang tidak. Ini karena kalori cair jauh lebih mudah untuk dikonsumsi dan kurang mengenyangkan daripada kalori dari makanan padat.

Sebagai contoh, camilan sehat dari sepotong roti panggang Yehezkiel dengan telur rebus dan 1/4 buah alpukat memiliki kalori yang sama dengan dua minuman kombucha 120 kalori.

2. Dapat Menyebabkan Perut Kembung dan Mengganggu Pencernaan
Kombucha telah ditemukan bermanfaat bagi kesehatan pencernaan karena probiotik, atau bakteri menguntungkan. Namun, terlalu banyak mengonsumsi dapat menyebabkan efek samping. Karena kombucha berkarbonasi, terlalu banyak dapat menyebabkan kembung.

Minum minuman bersoda memberikan karbon dioksida (CO2) ke dalam sistem pencernaan, yang dapat menyebabkan kembung dan kelebihan gas . Selain itu, kombucha mengandung senyawa yang disebut FODMAP, jenis karbohidrat khusus yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada banyak orang, terutama mereka yang menderita IBS.

Terakhir, mengonsumsi terlalu banyak minuman kombucha dapat menyebabkan asupan gula berlebih, yang dapat menyebabkan air masuk ke usus Anda, menyebabkan diare. Untuk alasan ini, beberapa orang mungkin mengalami kembung, gas dan diare jika mereka mengkonsumsi terlalu banyak kombucha.

3. Dapat Mengandung Lebih Banyak Gula Tambahan
Banyak minuman kombucha yang dimaniskan dengan jus buah atau gula tebu untuk membuat produk lebih menarik bagi pelanggan. Meskipun hal ini dapat membuat rasa kombucha lezat, ini meningkatkan kandungan gula dari minuman. Ketika dikonsumsi berlebihan, ditambahkan gula – terutama dari minuman manis – dapat berdampak negatif terhadap kesehatan Anda.

Misalnya, minuman bergula manis telah dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes, kegemukan, hati berlemak dan penyakit jantung. Tergantung pada merek, hanya satu porsi kombucha dapat mengandung sebanyak 28 gram gula, setara dengan 7 sendok teh. Meskipun beberapa merek kombucha memiliki kadar gula yang tinggi, produk kombucha lainnya membuat pilihan yang lebih baik. Saat berbelanja kombucha, carilah minuman yang mengandung kurang dari 4 gram gula per porsi untuk menjaga asupan gula tambahan Anda hingga minimum.

4. Dapat Mengandung Banyak Lebih Banyak Gula Tambah
Banyak minuman kombucha yang dimaniskan dengan jus buah atau gula tebu untuk membuat produk lebih menarik bagi pelanggan. Meskipun hal ini dapat membuat rasa kombucha lezat, ini meningkatkan kandungan gula dari minuman. Ketika dikonsumsi berlebihan, ditambahkan gula – terutama dari minuman manis – dapat berdampak negatif terhadap kesehatan Anda dalam beberapa cara.

Misalnya, minuman bergula manis telah dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes, kegemukan, hati berlemak dan penyakit jantung. Tergantung pada merek, hanya satu porsi kombucha dapat mengandung sebanyak 28 gram gula, setara dengan 7 sendok teh.

Meskipun beberapa merek kombucha memiliki kadar gula yang tinggi, produk kombucha lainnya membuat pilihan yang lebih baik. Saat berbelanja kombucha, carilah minuman yang mengandung kurang dari 4 gram gula per porsi untuk menjaga asupan gula tambahan Anda hingga minimum.

5. Berbahaya untuk Orang Tertentu
Sementara kombucha aman bagi kebanyakan orang, itu dapat menyebabkan efek samping yang parah pada beberapa orang. Karena kombucha tidak dipasteurisasi dan mengandung campuran berbagai jenis bakteri dan ragi, kombucha dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri oportunistik yang dapat menyebabkan infeksi pada orang-orang tertentu.

Misalnya, mereka yang memiliki sistem kekebalan yang lemah, seperti orang dengan kanker, penyakit ginjal atau HIV, dapat mengembangkan komplikasi serius dari minum kombucha. Meskipun jarang, ada laporan kasus reaksi alergi berat dan komplikasi hati karena konsumsi kombucha yang berpotensi terkontaminasi.

Karena kombucha tidak dipasteurisasi dan mengandung kafein dan alkohol dalam jumlah kecil, wanita hamil dan menyusui harus menghindarinya juga.

Berapa Banyak Teh Kombucha yang Baik Anda Minum Setiap Hari?

Meskipun kombucha aman bagi kebanyakan orang, sebaiknya batasi asupan Anda karena beberapa alasan. Ini bisa tinggi kalori dan gula, jadi overindul bukanlah pilihan terbaik untuk kesehatan Anda. Untuk mendapatkan manfaat dari kombucha tanpa terlalu banyak mengonsumsi kalori, batasi asupan Anda menjadi satu hingga dua porsi 8-ons (240-ml) per hari.

Penting untuk diperhatikan bahwa kebanyakan botol kombucha mengandung dua porsi – 16 ons atau sekitar 480 ml. Pilih produk berkualitas rendah, rendah kalori, rendah gula yang disimpan dalam wadah kaca gelap. Kemasan ini melindungi probiotik dari kerusakan ringan. Pilih kombucha yang memberikan tidak lebih dari 50 kalori per porsi untuk menjaga asupan kalori cair di cek.

Beri tanggapan