fbpx
Pasang iklan

Ini Daftar Snack yang Dapat Meningkatkan Kadar Gula Darah

Gema – Anda tahu bahwa Anda harus menghindari makanan olahan dan makanan manis jika Anda memperhatikan kadar gula darah Anda, tetapi ada beberapa penyebab yang mengejutkan.  Menjaga kadar gula darah tetap dan menghindari pemicunya sangat penting. “Ketika lonjakan gula darah, itu dapat mengganggu kesehatan,” kata Erin Palinski-Wade, RD, CDE, penulis 2 Hari Diet Diabetes. Tubuh Anda melepaskan insulin berlebih untuk memaksa gula darah masuk ke sel. Itu normal, tetapi seiring berjalannya waktu, ini dapat menyebabkan resistensi insulin, yang mengarah ke masalah manajemen gula darah, katanya. Di antara masalah lainnya, Anda mungkin merasa lebih lapar dan menyimpan lebih banyak lemak tubuh.

1. Kopi

Mengurangi asupan kafein Anda telah terbukti dapat menyangga risiko diabetes. Dalam satu studi di jurnal Diabetologia, orang yang meningkatkan konsumsi kopi mereka setidaknya satu cangkir setiap hari melihat risiko diabetes tipe 2 menurun 11 persen selama periode empat tahun. Namun, ini semua tentang apa yang ada di dalam kopi yang dapat menciptakan masalah gula darah, kata Palinski-Wade. “Menambahkan pemanis, creamer, dan perasa lain dapat meningkatkan jumlah gula tambahan, menyebabkan peningkatan kadar gula darah,” katanya, menambahkan bahwa untuk beberapa orang yang sangat sensitif, kafein dalam jumlah besar juga dapat memengaruhi glukosa darah. Sebaiknya pantau respons gula darah Anda setelah minum kopi (bahkan hitam) untuk mengetahui pengaruhnya terhadap Anda.

2. Oatmeal Instan

Ini adalah aturan umum yang baik: “Makan karbohidrat sedekat mungkin dengan sumber alami — atau sesedikit mungkin diproses,” kata Martha McKittrick, RD, CDE, pemilik Martha McKittrick Nutrition di New York City. Sementara oatmeal dapat memiliki efek menguntungkan pada kadar glukosa darah, menurut penelitian di jurnal Nutrients, oatmeal instan jauh lebih diproses, dan varietas rasa sering mengandung banyak tambahan gula. “Semakin banyak yang diproses, semakin mudah bagi tubuh untuk memecahnya dan meningkatkan gula darah,” katanya. Jika Anda menginginkan sarapan favorit ini, carilah jenis yang membutuhkan waktu untuk melunakkan — oat potong baja, misalnya, adalah pilihan yang lebih baik. Hindari kebiasaan-kebiasaan ini dan hal-hal licik lainnya yang meningkatkan kadar gula darah.

3. Beras merah

Anda mungkin telah diberitahu untuk memilih biji-bijian utuh, seperti beras merah, lebih banyak biji-bijian yang disuling, seperti nasi putih, karena seratnya membuat mereka lebih lama untuk dicerna, meredakan kenaikan gula darah. Namun, Anda juga harus memperhatikan jumlah karbohidrat yang Anda makan sekaligus, Palinski-Wade memperingatkan. “Itu memainkan peran terbesar dalam manajemen gula darah,” ia memperingatkan. Itu berarti porsi besar biji-bijian dapat dengan mudah menempatkan Anda di atas jatah karbohidrat Anda untuk makanan itu. Satu cangkir beras merah yang dimasak, misalnya, mengandung 51 gram karbohidrat sendiri — itu sebelum Anda menghitung sumber lain dalam makanan Anda, seperti sayuran atau kacang. Palinski-Wade merekomendasikan menempel 30-45 gram atau kurang per makanan. Bahkan jika nasi berwarna cokelat, Anda sebaiknya membatasi diri Anda hingga setengah cangkir.

4. Roti gandum

Dengan begitu banyak pilihan roti di rak-rak toko, mudah menjadi goyah dengan klaim label — seperti merek berlabel “gandum” atau “dibuat dengan gandum utuh.” “Ini sangat berbeda dari 100 persen makanan gandum utuh,” kata Palinski-Wade. Baca daftar bahan dan pastikan bahwa barang pertama yang terdaftar adalah 100 persen gandum utuh, katanya. 

5. Makanan Organik

“Organik” adalah istilah label lebih yang orang cenderung percaya berarti 100 persen sehat. “Makanan ringan organik tidak selalu sama dengan opsi yang lebih sehat. Saya memiliki klien yang mengonsumsi permen organik, yang meskipun dibuat dengan bahan organik, masih merupakan permen yang dikemas dengan tambahan gula, ”kata Palinski-Wade.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)