fbpx
Pasang iklan

Ini Daftar Essential Oil yang Ampuh Mengatasi Masalah Jerawat

...

Gema – Jika Anda memiliki jerawat tentunya melakukan berbagai cara untuk mengatasinya. Kebanyakan orang biasanya mencari alternatif obat jerawat ke apotek atau melakukan perawatan jerawat di klinik kecantikan. Namun, selain itu Anda juga  dapat mempertimbangkan menggunakan minyak esensial. Minyak atsiri adalah bahan kimia tumbuhan yang diekstrak dengan uap dari berbagai bagian tanaman, termasuk: batang, akar, daun,  biji dan bunga. 

Ekstrak tumbuhan memiliki sejarah panjang dalam pengobatan tradisional. Termasukan dapat membunuh bakteri yang merupakan penyebab utama jerawat. Sementara banyak orang melaporkan bahwa minyak esensial dapat membantu mengobati jerawat, beberapa penelitian telah dilakukan untuk mendukung informasi ini. Meskipun tidak ada cukup bukti untuk merekomendasikan penggunaan minyak esensial untuk jerawat, namun umumnya minyak ini aman dan memberi hasil yang positif,. Namun, Anda harus berhenti menggunakan minyak esensial jika Anda melihat iritasi atau kepekaan pada kulit.

Apa yang menyebabkan jerawat?

Jerawat muncul ketika minyak kulit (sebum) menyumbat pori-pori Anda. Pori yang tersumbat menjadi tempat berkembang biak bakteri, terutama bakteri Propionibacterium acnes (P. acnes), yang berkontribusi menyebabkan jerawat. Menerapkan agen pembunuh bakteri topikal ke permukaan kulit Anda adalah salah satu perawatan yang digunakan untuk jerawat.

Beberapa minyak esensial membunuh bakteri. Satu studi laboratorium menemukan yang paling efektif terhadap P. acnes meliputi:

1. Thyme
Di dapur, esensi halus herba ini sering digunakan untuk membuat saus pasta. Di laboratorium, thyme telah terbukti efektif dalam melawan bakteri yang menyebabkan jerawat. Itu juga efektif dalam membunuh kuman yang menyebabkan infeksi mata. Namun, jangan pernah menggunakan thyme pada mata.

2. Rosemary
Dalam tes laboratorium, rosemary telah terbukti merusak P. acnes. Para ilmuwan makanan juga mempelajari efek positif rosemary untuk mencegah pertumbuhan jamur yang membusuk makanan selama panen dan pengemasan.

3. Kayu Manis
Ternyata kayu manis baik untuk lebih dari sekedar memanggang dan memercikkan pada latte Anda. Produk kulit pohon yang dipelajari secara ekstensif ini telah terbukti efektif untuk melawan P. acnes. Ini juga telah dilaporkan untuk mengurangi nyeri haid dan kadar kolesterol. Dan kayu manis telah terbukti membunuh bakteri stafilokokus dan E. coli.

4. Mawar
Minyak esensial mawar bereaksi dengan  E. coli, Staphylococcus, dan jenis bakteri lainnya. Dalam uji coba pada hewan, itu juga terbukti efektif mengurangi kerusakan hati yang disebabkan oleh asetaminofen (Tylenol).

5. Tea Tree Oil
Minyak pohon teh mungkin berguna untuk membunuh bakteri dan jamur. Itu terbukti mengurangi jerawat. Tetapi para ilmuwan tidak yakin apakah itu karena membunuh P. acnes atau karena itu mengurangi pembengkakan. Jika Anda tidak peduli dengan minyak pohon teh murni, itu juga digunakan sebagai bahan dalam banyak produk kulit.

6. Lavender
Pengujian telah menunjukkan bahwa lavender dapat membantu memperbaiki kondisi kulit. Itu juga telah terbukti sebagai antimikroba. Namun komunitas ilmiah tidak tahu apakah itu melawan P. acnes. Minyak esensial ini setidaknya akan membuat Anda merasa rileks dan mendorong tidu

Cara menggunakan minyak esensial

Karena minyak esensial adalah bahan kimia tanaman terkonsentrasi, mereka bisa sangat kuat. Baca petunjuk sebelum mengoleskan minyak esensial ke kulit Anda – Anda mungkin perlu mencairkannya dengan apa yang disebut sebagai “minyak pembawa”, yang biasanya merupakan minyak tanaman yang tidak diberi wewangian. Anda juga bisa mencairkannya dengan air.

Jangan pernah menaruh minyak esensial di dalam atau di dekat mata Anda. Bahkan uapnya bisa membuat iritasi. Dan jangan gunakan minyak esensial untuk jerawat bayi yang baru lahir atau di mana pun pada bayi Anda. Bintik-bintik kecil itu akan segera hilang.

Minyak atsiri adalah cairan pekat yang mengandung sari dari aroma tanaman. Biasanya diekstraksi dari tanaman dengan uap, dan merupakan bahan umum dalam parfum dan sabun.

Beri tanggapan