fbpx
Pasang iklan

Ini Cara Pensiun Sebelum Usia 40 Tahun, Menurut Raditya Dika

Pensiun sebelum usia 40 tahun jelas impian semua orang. Nah, seperti apa dan bagaimana sih caranya pensiun sebelum usia 40 tahun?

Menurut Raditya Dika, pensiunbukan berarti berhenti bekerja dan berkarya, pensiun adalah tidak menggantungkan diri kepada pekerjaan untuk mendapatkan uang. Melainkan bagaimana aset yang selama ini ia punya bisa menghidupinya, atau dengan kata lain merdeka secara finansial.

“Jadi suatu saat gue stand up nggak ada yang nonton lagi, gue bisa hidup dari aset gue” kata penulis buku Ubur-Ubur Lembur ini.

Kebutuhan Per Tahun Dibagi 4%

Cara yang pertama ini adalah kita perlu menabung atau berinvestasi sebanyak kebutuhan per tahun dibagi 4%. Contohnya dalam sebulan kamu memerlukan uang sebanyak 10 juta untuk kebutuhan sehari-hari dikalikan setahun berarti 120 juta.

Jadi 120juta : 4% = Rp 3.000.000.000

Sehingga, agar bisa pensiun, kita harus bisa menabung sebanyak 3 Milyar sebelum usia 40 tahun. Memang sedikit rumit, karena kamu harus memperhitungkan jumlah return investasi, tempat berinvestasi yang tepat, bahkan inflasi.


Kebutuhan Pertahun Dibagi 4%

Nah, pertanyaannya bagaimana menghasilkan uang sebanyak itu? Tenang, bang Radit -begitu ia akrab di sapa, juga memberikan tips nih, yaitu…

Berinvestasi Sejak Dini

Misalnya sekarang ini usiamu 25 tahun, ada 15 tahun untuk mencari uang sebanyak itu sebelum usia 40 tahun.

Dalam videonya yang berdurasi 10 menit itu, Raditya Dika juga sharing tentang bagaimana penghasilan pertamanya ia investasikan di reksa dana saham untuk jangka panjang. Rata-rata returnnya 18% dari jumlah yang diinvestasikan.

Jika kamu memutuskan untuk berinvestasi 100juta selama setahun, dijumlahkan dengan return 18%, maka tahun depan kamu bisa mendapatkan 118juta. Berikut ilustrasi sederhananya:

Ilustrasi coumpund interest menurut Raditya Dika

Raditya Dika juga berbagi tips jika kamu tidak ingin menabung di reksa dana, kamu bisa menabungnya saja di bank dengan suku bunga yang lebih rendah yakni sekitar 0,5% per tahun.

Gimana, sudah dapat gambaran kan bagaimana cara pensiun sebelum usia 40 tahun menurut Raditya Dika. Jika ternyata banyak kebutuhan dan sepertinya tips ini sedikit sulit diikuti, mungkin sebaiknya kamu undur saja usia pensiunmu atau kurangi jumlah pengeluaranmu mulai sekarang agar bisa banyak menabung.

Beri tanggapan