fbpx
Pasang iklan

Ini Beberapa Hal yang Dapat Anda Lakukan untuk Menurunkan Berat Badan tanpa Menjalani Program Diet

Gema – Rencana diet yang teratur dapat menjadi tantangan untuk bertahan untuk periode yang lama. Juga sulit untuk menemukan waktu untuk berolahraga. Apakah mungkin menurunkan berat badan tanpa melakukan keduanya? Menggunakan berbagai metode pengendalian berat badan sangat penting untuk menjaga berat badan yang sehat. Dalam artikel ini, pelajari 14 teknik yang dapat digunakan orang untuk menurunkan berat badan tanpa diet atau olahraga.

1. Tingkatkan keterampilan memasak Anda
Mempelajari cara memasak berbagai makanan dapat membantu menurunkan berat badan.
Memahami cara menyiapkan makanan dan mengembangkan keterampilan yang lebih baik di dapur dapat menjadi cara ampuh untuk menurunkan berat badan tanpa mengurangi asupan makanan.

Orang-orang yang memiliki pengetahuan lebih banyak tentang cara memasak makanan yang berbeda lebih mungkin untuk makan berbagai macam bahan bergizi tinggi, termasuk buah dan sayuran, yang sangat bagus untuk menurunkan berat badan.

Bahkan, para peneliti semakin menghubungkan berat badan dan obesitas dengan keterampilan memasak yang buruk.

Orang-orang yang tidak percaya diri di dapur dapat mencoba mengambil kelas memasak atau menonton video memasak online. Tempat yang bagus untuk memulai adalah Food Tube Jamie Oliver, yang berfokus pada bagaimana membuat makanan yang sederhana dan sehat.

2. Makan lebih banyak protein
Protein adalah bagian penting dari diet yang sehat dan diperlukan untuk pertumbuhan dan metabolisme yang efisien. Protein dapat meningkatkan perasaan kenyang dan menunda rasa lapar.

Sebuah penelitian kecil pada wanita muda menemukan bahwa makan yogurt protein tinggi sebagai camilan sore mengurangi rasa lapar dan asupan kalori di kemudian hari. Cara sederhana untuk meningkatkan jumlah protein dalam diet termasuk menambahkan satu sendok makan biji chia atau biji rami untuk sarapan sereal atau mengonsumsi lebih banyak telur.

3. Makan lebih banyak serat
Serat terdapat dalam buah, sayuran, kacang-kacangan, dan gandum utuh. Ini beberapa manfaat jika banyak mengonsumsi serat.

  • meningkatkan kepenuhan
  • memperlambat pencernaan
  • mencegah sembelit

4. Probiotik
Probiotik adalah bakteri menguntungkan yang merupakan bagian integral dari pencernaan. Penelitian terbaru menghubungkan fungsi usus dan otak dan menunjukkan bahwa probiotik dapat memengaruhi berat badan, massa lemak, dan suasana hati.

Penelitian menunjukkan bahwa probiotik dapat membantu mencegah atau mengelola obesitas. Orang dapat membeli probiotik over-the-counter (OTC) di apotek atau secara online. Probiotik juga bisa didapatkan dalam berbagai makanan fermentasi, termasuk:

  • Yogurt
  • Kimchi
  • Kol parut
  • Sup Kedelai Jepang
  • Tempe
  • Kombucha

5. Dapatkan lebih banyak tidur
Istirahat yang baik sangat penting untuk menjaga kesehatan dan berat badan. Sebaliknya,  kualitas tidur yang buruk dapat  mengganggu hormon penting, termasuk hormon yang terlibat dalam metabolisme. Tidur kurang dari 6 jam setiap malam dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

6. Kurangi stres
Yoga dapat mengurangi stres dan membantu penurunan berat badan. Tingkat stres yang meningkat juga dapat mengganggu keseimbangan hormonal. Ketika seseorang ditekankan, tubuh mereka menghasilkan hormon yang disebut glukokortikoid. Terlalu banyak glukokortikoid dapat meningkatkan nafsu makan seseorang, yang menyebabkan kenaikan berat badan.

Stres juga bisa memicu makan emosional. Makan emosional adalah ketika seseorang makan makanan yang tidak sehat untuk mencoba mengendalikan dan memperbaiki suasana hati yang negatif. Cara untuk mengurangi stres meliputi:

  • berolahraga secara teratur
  • mengurangi asupan kafein
  • berlatih meditasi atau perhatian
  • menghabiskan waktu di luar rumah
  • mencoba yoga

7. Konsumsi lebih banyak vitamin D
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mereka yang memiliki kadar vitamin D rendah lebih mungkin mengalami obesitas dan tidak cukup berolahraga. Kondisi kesehatan lain yang terkait dengan vitamin D rendah meliputi:

  • sindrom metabolik
  • depresi dan kecemasan
  • diabetes tipe 1 dan tipe 2
  • osteoporosis dan osteoarthritis

Orang bisa mendapat vitamin D dari matahari dan beberapa makanan. Makanan yang mengandung vitamin D termasuk kuning telur, ikan berlemak, jamur tertentu, dan makanan yang diperkaya. Suplemen vitamin D juga tersedia untuk dibeli di apotek atau secara online.

8. Sajikan makanan dalam beberapa porsi kecil
Satu studi membagi makanan tunggal menjadi porsi yang lebih kecil untuk menguji apakah orang-orang diharapkan merasa kenyang setelah makan jumlah makanan yang sama dalam unit yang terpisah. Mereka menemukan bahwa dengan membagi makanan menjadi tiga atau enam porsi terpisah, tingkat kepenuhan yang diharapkan peserta lebih besar.

Ketika makan di prasmanan, seseorang dapat mengambil beberapa piring kecil untuk membagi makanan. Saat ngemil, mereka dapat memotong camilan dan menempatkannya di piring kecil yang berbeda. Seseorang juga dapat mencoba membagi waktu makan menjadi beberapa kursus kecil, daripada meletakkan semuanya di atas satu piring.

9. Gunakan piring yang lebih kecil
Ketika orang menyajikan makanan ke piring, mereka cenderung menghabiskan semua makanan di piring itu. Mereka dapat menurunkan kalori mereka dengan sedikit usaha dengan mengurangi ukuran piring mereka atau berapa banyak makanan yang mereka kenakan. Dua studi 2017 menemukan bahwa mahasiswa secara konsisten menempatkan lebih sedikit makanan di piring yang kecil

 

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)