fbpx
Pasang iklan

15 Wisata Makassar yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Berada di Kota Daeng

(GemaWisata)  Makassar yang terkenal dengan kuliner khasnya, pisang epe dan coto ini memiliki berbagai tempat wisata yang indah. Berada di pesisir Pulau Sulawesi, kota ini populer dengan Pantai Losarinya. Tapi ternyata Makassar masih memiliki beragam tempat wisata andalan, mulai dari pantai sampai dataran tingginya. Jangan sampai saat berada di Makassar, Anda tidak tahu harus ke mana. Agar tak menyesal karena melewatkan hal-hal menarik saat berkunjung ke Makassar nanti, berikut tempat wisata di Makassar yang wajib masuk ke agenda liburan Anda:

#1. Pantai Losari

Mampir ke pantai yang berada di Jalan Penghibur ini sudah menjadi kegiatan wajib bagi setiap pengunjung yang datang ke Makassar. Tempat wisata andalan ini memiliki keunikan tersendiri. Jika biasanya pantai dikenal dengan pasirnya, Pantai Losari tidak memiliki pasir. Jika Anda datang, Anda akan menemui beton di tepiannya. Tidak ada pasir bukan berarti pantai ini tak layak dikunjungi, ada banyak hal lain yang menarik dari tempat wisata ini.

Ini Beberapa Destinasi Wisata di Makassar yang Wajib Anda Kunjungi
Pantai Losari – klanews.com

Di sini, Anda bisa melakukan banyak hal yang menyenangkan seperti memancing, naik sepeda air atau banana boat, berlayar dengan perahu dan masih banyak lagi. Apa hal menarik lainnya dari sebuah tempat wisata? Tentu saja kulinernya. Ada banyak sajian kuliner khas Makassar yang bisa Anda nikmati di sini, mulai dari pisang epe, coto, sop konro sampai dengan es pallu butung.

Tempat wisata di Makassar ini ramai dikunjungi setiap hari terutama saat akhir pekan. Pada pagi hari, banyak yang menjadikannya sebagai lintasan jogging, sedangkan pada sore hari, banyak yang menunggu momen matahari terbenam sambil berwisata kuliner di sini.

#2. Benteng Rotterdam

Tempat wisata sejarah lain di Makassar, Kamu bisa kunjungi Benteng Fort Rotterdam yang merupakan peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo. Awalnya, benteng ini terbuat dari tanah liat, kemudian pada masa pemerintahan Raja Gowa ke-14 diganti menjadi batu padas dari Pegunungan Karst yang berada di daerah Maros.

Ini Beberapa Destinasi Wisata di Makassar yang Wajib Anda Kunjungi
Benteng Rotterdam – jendelasejarah.com

Benteng Fort Rotterdam memiliki bentuk yang unik menyerupai seekor penyu yang menhadap ke Laut. Hal ini pula yang membuat warga makassar menyebutnya sebagai benteng Pannyua. Di dalam lokasi benteng ini terdapat banyak spot menarik untuk dikunjungi baik dari segi sejarah ataupun sekedar mencari spot selfie yang instagramabel banget.

#3. Trans Studio Makassar.

Trans Studio Makassar menjadi sebuah ikon tempat wisata modern di kota ini. Dibuka pada tanggal 20 Mei 2009, Trans Studio berdiri di atas lahan seluas 2,7 hektar. Di dalamnya, terdapat 21 wahana dan empat zona permainan yaitu Studio Central, Cartoon City, Lost City, dan Magic Corner.

Ini Beberapa Destinasi Wisata di Makassar yang Wajib Anda Kunjungi
Trans Studio Makassar – wisnuwidiarta.word[res.com

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 10:00 sampai 19:00, kecuali pada akhir pekan dan hari libur nasional, Trans Studio Makassar buka sampai dengan pukul 21:00. Untuk tiket masuk, Anda akan dikenakan biaya sebesar 100.000 Rupiah pada hari biasa, 175.000 Rupiah pada akhir pekan dan 200.000 Rupiah saat ada event tertentu di sini.

#4. Jalan Sombaopu

Berlibur tak lengkap jika tak mengunjungi pusat oleh-oleh khas kota yang didatangi. Tidak jauh dari Pantai Losari dan Benteng Rotterdam, ada Jalan Somba Opu yang ramai digunakan sebagai tempat menjual dan mencari oleh-oleh khas Makassar, mulai dari kerajinan, makanan khas sampai dengan minyak gosok cap tawon.

Ini Beberapa Destinasi Wisata di Makassar yang Wajib Anda Kunjungi
Jalan Somba Opu – travellingyuk.com

 

Minyak gosok cap tawon menjadi oleh-oleh populer yang diburu banyak wisatawan. Sekadar tips jika membeli minyak gosok ini, minyak dengan tutup botol berwarna putih memiliki efek yang lebih panas ketika menyentuh kulit.

Hal ini dikarenakan kandungan minyak yang ada, sedangkan minyak gosok dengan tutup botol berwarna merah memiliki efek panas di bawah tutup putih. Namun tentu saja harga yang ditawarkan pun berbeda. Minyak dengan tutup putih lebih mahal dibanding tutup merah.

Selain minyak gosok, yang populer lainnya adalah miniatur kapal phinisi dalam botol. Untuk miniatur berukuran kecil, harga yang ditawarkan adalah 75.000 – 100.000 Rupiah per buah. Pasar di Jalan Somba Opu ini buka mulai pagi sampai malam hari.

#5. Museum Korban 40000 Jiwa

Jika Kamu ingin mengingat peristiwa tahun 1946 hingga tahun 1947 silam, dimana pada saat itu menjadi lembaran kelam bagi masyarakat Sulawesi Selatan. Saat itu, sebanyak 40.000 orang tewas dibantai oleh pasukan Belanda yang dipimpin oleh Kapten Raymond Paul Piere Westerling dalam operasi penumpasan pemberontak, datanglah ke Monumen Korban 40.000 Jiwa yang berada di wilayah asri dan tertata rapi.

Ini Beberapa Destinasi Wisata di Makassar yang Wajib Anda Kunjungi
Museum Korban 40000 Jiwa – detik.com

Monumen tersebut dilengkapi oleh bangunan seperti pendopo, monumen dan relief pada dinding. Saat berkunjung ke sana, Kamu akan disuguhkan dengan satu pemandangan patung yang tinginya sekitar 4 meter. Patung tersebut menggambarkan korban yang selamat dari pembantaian dengan kaki buntung dan tangan yang menggunakan penyangga.

#6. Pulau Lanjukang

Menikmati keindahan terumbu karang yang berada di Makassar, bisa kunjungi Pulau Lanjukang. Tempat ini hanya dihuni oleh 13 kepala keluarga sehingga cukup sepi dan kerap dijadikan sebagai tempat pelarian bagi mereka yang ingin mengasingkan diri dari keramaian kota.

Ini Beberapa Destinasi Wisata di Makassar yang Wajib Anda Kunjungi
Pulau Lanjukang – lelungan.net

Kamu bisa berenang dan snorkeling untuk menikmati keindahan dasar pantai. Karena masih sepi, bersantai di Pulau Lanjukang begitu menyenangkan karena bisa menikmati ketenangan pantai seutuhnya.

#7. Pulau Samalona

Berikutnya, tempat wisata di Makassar yang tak boleh ditinggalkan yaitu Wisata Bahari di Pulau Samalona. Untuk tiba di Pulau Samalona Kamu bisa gunakan speed boat.

Ini Beberapa Destinasi Wisata di Makassar yang Wajib Anda Kunjungi
Pulau Samalona – indonesiakaya.com

Beberapa aktifitas yang bisa dilakukan yaitu menyelam, menikmati panorama sunset serta hal lain yang bisa dinikmati. Beberapa fasilitas publik seperti mushola, warung, toilet, mendukung para wisatawan yang sedang berlibur menikmati hamparan pasir putih.

#8. Pulau Kodingareng Keke

Indahnya Pulau Kodingareng Keke disuguhkan untuk mengagungkan Ciptaan Tuhan yang amat sangat indah. Pulau yang khusus untuk wisatawan dan tidak berpenghuni ini menjadi tujuan wisata favorit dari berbagai kawasan, baik wisata lokal maupun mancanegara.

Ini Beberapa Destinasi Wisata di Makassar yang Wajib Anda Kunjungi
Pulau Kodingareng Keke – kissfmmedan.com

Tidak hanya di Bali saja yang menyuguhkan Pantai pasir putih dengan laut hijau jernih, untuk Kamu yang berlibur ke Makassar, bisa menikmati suasana Pulau Kodingareng Keke dengan warna laut jernih dan bergradasi mulai dari warna biru muda, tosca, hingga biru tua.

Meskipun saat ini baru bisa membaca artikelnya, pasti sudah bisa membayangkan betapa indahnya Cipataan Tuhan yang satu ini. Saat berkunjung, Kamu harus membawa perbekalan karena di sini tidak tersedia fasilitas publik termasuk orang berjualan.

#9. Pulau Lae-lae

Jangan pernah Kamu lewatkan Tempat Wisata di Makassar yang satu ini. Bila perlu, semua list wisata kamu kunjungi satu per satu karena kapan lagi bisa berlibur ke Makassar? Ya, Pulau ini bisa dijangkau dari dermaga kayu Bangkoa dan lokasinya tidak jauh dari Pantai Losari dan Benteng Fort Rotterdam. Akses menuju Pulau Lae-lae pun menggunakan speedboat dengan biaya transportasi hanya 10.000 Rupiah.

Ini Beberapa Destinasi Wisata di Makassar yang Wajib Anda Kunjungi
Pulau Lae-lae – airyrooms.com

Kamu bisa pilih Pulau Lae-lae Kecil sebagai lokasi pemotretan di Makassar yang asik dan menarik. Terdapat cerita menarik yang menyelimuti pulau Lae-lae sendiri, konon dulunya ada seorang pedagang Arab yang tenggelam dan meminta tolong dengan berucap “Lae-lae”. Karena itulah tempat ini dinamakan dengan Pulau Lae-lae.

10. Pulau Kayangan

Ini Beberapa Destinasi Wisata di Makassar yang Wajib Anda Kunjungi
Pulau Kayangan – panduanwisata.id

Selain Pulau Lae-lae yang menympan sejuta peson, Tempat wisata di Makassar yang sayang untuk dilewatkan adalah Pulau Kayangan yang berjarak sekitar 0,8 km dari Kota Makassar. Fasilitas publik sangat beragam mulai dari penginapan, restoran, resort hingga sarana olahraga air. Kamu bisa menikmati semua fasilitas dan menyaksikan indahnyak gemerlap kota Makassar dari Pulau ini.

Hamparan pasir putih menjadi daya tarik tersendiri hingga permainan yang memanjakkan liburan yang cukup lengkap seperti banana biat, jetsky hingga kolam renang bahkan pemandangan matahari terbenam selalu menjadi daya tarik dan tujuan terfavorit para wisatawan.

Wisata Lain di Makassar yang Instagramabel Banget 

11. Benteng Somba Opu Makassar – Benteng Somba Opu, Barombong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan

Tempat Wisata Hits Di Makassar Benteng Somba Opu
Benteng Somba Opu – Phot By @hellofinky

12. Pulau Lakkang – Pulau Lakkang, Bontoa, Kecamatan Tallo 

Pulau Lakkang Bonta Hutan Bambu Tempat Huntng Foto Keren di Makasar
Pulau Lakkang – Photo By @ahmadzargon

#13. Pulau Lanjukkan – Pulau Lanjukkan, Kecamatan Ujung Tanah

Pulau Lanjukkang Makassar pasir putih indah dan mercusuar paling keren sedunia harga sewa kapal
Pulau Lajukkan – Photo By @risangnb

#14. Pantai Akkarena Makassar – Tanjung Bunga, GTMD 

Tempat Wisata Makassar Pantai Akkarena cewek cantik Hijab Selfie di Dermaga Cinta
Dermaga Cinta, Pantai Akkarena – Photo By @icha__19

#15. Pantai Tanjung Layar – Barombong, Tanjung Layar Putih, Tanjung Bunga

Pantai Tanjung Layar Sulawesi Selatan Wisata tersembunyi
Tanjung Layar Putih – Photo by @noidstedja

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)