fbpx
Pasang iklan

Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Mengurangi Konsumsi Saus Tomat

Gema – Saus tomat adalah salah satu bumbu yang tidak pernah absen dari meja makan di mana pun itu. Mulai dari dapur sampai rumah makan terutama restoran fast food. Rasanya ada yang kurang kalau makan makanan berkuah dan gorengan tanpa saus tomat. Tapi ternyata saus tomat justru tidak baik buat kesehatan, lho. Ini alasannya:

Mengandung kadar gula tinggi

Menurut Ahli Gizi, Kristen Beck yang dilansir dari news.com.au “Saus tomat mengandung banyak gula dan garam dan hampir tidak memiliki nilai gizi, satu porsi saus tomat adalah sekitar 15ml (kira-kira tiga sendok teh saus tomat) dan umumnya setara dengan 1 sendok teh gula (glukosa dan fruktosa)”.

Ia juga menambahkan bahwa satu sendok teh saus tomat mengandung kadar gula lebih tinggi dibanding biskuit atau cokelat.

Dalam proses produksinya, beberapa produsen saus tomat menambahkan sirup jagung fruktosa yang tidak hanya buruk untuk usus tetapi juga dapat menyebabkan kenaikan kadar insulin dan kenaikan berat badan.

Dapat Menyebabkan Penyakit Jantung, Hipertensi, dan Stroke

Siapa sangka, terlalu sering mengkonsumsi saus tomat dapat menyebabkan penyakit mematikan seperti hipertensi, stroke dan penyakit jantung. Pasalnya saus tomat adalah sumber natrium yang tinggi.

Mengkonsumsi 8 sendok teh saus tomat sama dengan mengkonsumsi seluruh kebutuhan garam dalam sehari. Mungkin kedengarannya aman karena sesuai batas yang ditentukan. Masalahnya, bagaimana dengan sumber garam lain yang kamu konsumsi sepanjang hari itu. Sebut saja kentang, gorengan, maupun kadar garam dalam mie instan. Mengkonsumi garam dalam jumlah berlebih tidak baik untuk kesehatan.

Saus Tomat Tidak Memiliki Manfaat Apapun

Selain menambah cita rasa khas bagi makanan, saus tomat ternyata tidak memiliki manfaat apapun. Proses produksi yang melibatkan pemasakan tomat dalam suhu tinggi membuat tomat kehilangan nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalamnya.

Selain tidak memiliki manfaat, kandungan bahan pengawet dan MSG juga menjadi alasan lain mengapa kamu harus mengurangi konsumsi saus tomat.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)