fbpx
Pasang iklan

Ingin Publik yang menentukan, Presiden Gelar Sayembara Penamaan Ibukota Baru

GEMA.ID – Pemindahan Ibukota Negara masih jadi isu hangat setelah lebih dari 2 minggu diumumkan secara resmi, kali ini terkait penamaannya. Pemerintah nampaknya ingin memberi kesan kuat demokratisasi melalui ibu kota baru dengan menggelar sayembara penamaan untuk lokasi yang mengarsir 2 kabupaten di Kalimantan Timur, Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara.

Baca juga: Penamaan Ibukota Baru Indonesia

Bagian ini tidak akan diputuskan sepihak oleh pemerintah, Keterangan tertanggal 3 september lalu oleh Presiden Jokowi menegaskan akan di gelar sayembara terkait nama ibukota Indonesia.

“Supaya terbuka, ada kompetitifnya dan yang penting semuanya bisa melihat,”

ujar Joko Widodo saat berbincang dengan sejumlah pimred di Istana Merdeka Selasa (3/9/2019)

Kendati pun belaum dapat dipastikan kapan sayembara tersebut mulai dilaksanakan.

“Nanti, tunggu semuanya siap dulu,”

lanjut Jokowi

Sebagaimana marak diberitakan sebelumnya pada 26 agustus 2019 lalu. Mengganti DKI Jakarta, wilayah administratif Kab. Penajam Paser Utara dan Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur ditunjuk sebagai Ibuko Negara Indonesia yang baru.

Baca juga: Akhirnya Sah! Ibukota Negara Pindah ke Kalimantan

Penentuan pemindahan ibukota ini berdasar pada kajian komprehensif Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional) dalam 3 tahun terakhir.

Pansus Ibukota Baru yang dibentuk DPR RI terkait agenda pemindahan ini berangkat dari surat rencana pemindahan ibu kota yang dikirimkan dan dibacakan presiden dalam rapat paripurna, selasa (27/8/2019) lalu.

Dalam perkembangannya, pansus diharapkan dapat dengan segera membahas segala sesuatu yang berkaitan dengan rencana tersebut. Tidak lain darinya adalah merancang regulasi pemindahan Ibu Kota Baru Indonesia.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)