fbpx
Pasang iklan

Ibu-ibu Jaman Now Lebih Suka Curhat Di Facebook, ini Penyebabnya

Gema – Mudahnya akses internet jaman sekarang membuat siapa saja bisa menggunakan media sosial. Salah satu yang populer di Indonesia adalah Facebook.

Menurut study yang dilakukan oleh Pew Research Center, pemilik akun facebook yang paling aktif adalah ibu-ibu, sementara usia remaja kebanyakan menggunakan instagram dan youtube.

Selain memposting foto anak, tips dan resep masakan, para ibu juga aktif mengecek postingan dan komentar serta jumlah like yang diperoleh setiap beberapa menit sekali.

Sayangnya, tidak cerdas dalam menggunakan media sosial justru bisa menjadi sumber masalah. Semakin banyak pengguna media sosial terutama para ibu yang memanfaatkan media ini untuk curhat masalah pribadi sampai masalah rumah tangga yang tidak seharunya diketahui orang lain. Lalu apa penyebab para ibu senang curhat di media sosial?

1. Ingin menarik perhatian

Salah satu penyebab para ibu memposting foto anak, kegiatan sehari-hari sampai curahan hati mengenai masalah rumah tangga adalah keinginan untuk mencari perhatian.

Mendapat tanggapan dari keluarga atau teman di dunia maya memberikan kesenangan sendiri. Tak jarang ada yang mengecek jumlah like dan menganggapnya sebagai salah satu bentuk perhatian.

Penyebab lainnya juga adalah kurangnya komunikasi dengan suami atau anggota keluarga lainnya sehingga tidak mendapatkan perhatian seperti yang diinginkannya.

2. Adanya kebutuhan untuk eksis

Sama halnya dengan video ‘Alasan Kenapa Kita Putus’ yang sedang viral di youtube. Menyebar aib sendiri atau sekedar curhat masalah hubungan yang tak berjalan lancar di media sosial adalah salah satu cara agar tetap eksis di luar faktor materi yang didapatkan dari Adsense.

Pengguna facebook yang mayoritas ibu-ibu ini juga ingin tetap eksis di media sosial dengan cara memposting curhatan yang tidak seharusnya disebarluaskan dengan harapan akan mendapat perhatian dari banyak orang kemudian viral.

3. Tidak ada kerjaan

Ini biasanya terjadi kepada ibu rumah tangga yang tidak memiliki pekerjaan lain selain mengurus rumah dan keluarga. Kegiatan yang itu-itu saja akan menyebabkan perasaan jenuh sehingga curhat di facebook adalah salah satu bentuk pelarian.

4. Menyindir orang lain

Tidak hanya terjadi di kalangan ibu-ibu, baik remaja pun sering menyindir orang lain di media sosial. Bisa dikatakan bahwa menyindir seseorang adalah salah satu cara untuk meluapkan emosi secara tidak langsung.

Para ibu tidak sama dengan remaja yang bisa ‘melabrak’ rivalnya dengan mudah dikarenakan ingin menjaga nama baik suami dan keluarganya, sehingga melayangkan sindiran lewat facebook adalah solusinya. Sangat disayangkan karena tindakan pengecut ini justru dengan gampangnya mendapat respon dari orang lain sehingga membuat si pemilik status semakin bersemangat memposting sindiran-sindiran lainnya.

Nah, itu dia beberapa faktor penyebab banyaknya ibu-ibu yang curhat di facebook. Meski bisa dimaklumi, kita sebagai pengguna media sosial harus lebih bijak lagi dalam memilah apa saja yang boleh dibagikan di media sosial agar tidak menjadi boomerang di kemudian hari.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)