fbpx
Pasang iklan

Hindari Kebiasaan ini Agar Rambut Tidak Lepek

Pasti kamu pernah kan mengalami bad hair day gara-gara rambut lepek. Apalagi jika harus menghadiri acara sementara tidak ada waktu untuk keramas, repot banget kan?

Sebelum pusing mencari produk-produk untuk mencegah rambut lepek, ada baiknya kamu pahami penyebabnya dan kebiasaan apa saja yang harus kamu hindari agar rambut tidak lepek dan minyakan.

1. Hindari menggunakan kondisioner pada akar rambut

Rasanya tidak lengkap dong keramas tanpa menggunakan kondisioner. Tanpa sadar biasanya kita menggunakan kondisioner sampai menyentuh akar rambut dan kulit kepala. Tapi tahu nggak sih penggunaan kondisioner seperti itu justru menjadi pemicu produksi minyak berlebih di kulit kepala. Belum lagi jika keramasnya buru-buru dan tidak sempat membilas rambut sampai bersih, pasti belum cukup sehari rambutmu akan jadi lepek lagi.

2. Hindari menyentuh rambut terlalu sering

Menyentuh rambut terlalu sering juga bisa menjadi penyebab rambut lepek. Hal ini dikarenakan minyak dan kotoran yang ada ditangan kamu akan ditransfer ke rambut ketika kamu menyentuhnya.

3. Keringkan rambut dulu sebelum tidur

Siapa nih yang sering teledor tidur dengan keadaan rambut masih basah? Pasti ada diantara kamu yang pernah atau justru sering melakukan kesalahan ini. Mungkin kamu berpikir dengan keramas di malam hari akan membuat rambutmu mudah diatur keesokan harinya dan tentu menghemat waktu untuk mengeringkan rambut di pagi hari. Tapi dengan tidak mengeringkan rambut terlebih dahulu justru akan mengakibatkan rambutmu lepek di pagi hari.

4. Jangan coba-coba mengikat rambut saat masih basah

Mengikat rambut dalam keadaan basah dapat menyebabkan minyak bergumpal di kulit kepala karena tidak bisa bernafas dan terkena udara. Selain mengakibatkan rambut lepek, mengikat rambut saat basah juga dapat menyebabkan rambut rontok, timbulnya ketombe dan gatal pada kulit kepala.

5. Penggunaan serum dan vitamin rambut berlebih

Penggunaan serum dan vitamin rambut memang banyak manfaatnya. Salah satunya adalah memberi nutrisi pada rambut dan memperbaiki rambut rusak. Tapi penggunaan berlebihan dari produk ini justru membuat rambutmu semakin berminyak dan lepek. Sebaiknya memakai vitamin dan serum rambut seperlunya saja. Pastikan juga kamu memakainya hanya pada batang dan ujung rambut saja.

Nah, sudah tahu kan kebiasaan apa saja yang perlu kamu hindari agar rambut tidak lepek. Lebih baik mencegah daripada mengobati, kan!

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)