fbpx
Pasang iklan

Hindari Bermain Gadget di 5 Waktu Ini agar Lebih Produktif

GemaGadget menjadi alat elektronik yang cukup menyita waktu. Berbagai fitur dan aplikasi di dalamnya yang bisa menggoda kebanyakan orang. Dalam keseharian kebanyakan orang, bermain gadget sepertinya mempunyai waktu yang lebih banyak dibandingkan aktivitas yang lain. Gadget ini digunakan mulai dari setelah bangun tidur hingga sebelum tidur. Bermain gadget sebelum tidur hingga terlelap menjadi kebiasaan kebanyakan orang. Namun sebenarnya, kebiasaan tersebut merupakan kebiasaan buruk.

Bermain gadget saat sebelum tidur bisa memberi pengaruh terhadap hormon melatonin. Karena itu, anda perlu menghindari kebiasaan tersebut. Selain saat sebelum tidur, ternyata ada beberapa waktu lagi yang tidak disarankan untuk bermain gadget jika ingin lebih produktif. Berikut ulasannya.

1. Saat Bangun Tidur

Ketika bangun tidur, biasanya barang yang selalu ingin dicek yaitu handphone. Godaan dari barang tersebut sangat kuat. Namun, anda perlu melawan godaan tersebut karena kebiasaan mengecek gadget setelah bangun tidur merupakan kebiasaan yang buruk. Mengapa? Karena ketika anda sudah memegang handphone bisa saja anda terlena karena keasyikan. Banyaknya pesan masuk dan godaan sosial media bisa menyita waktu anda. Kebiasaan ini bisa merusak jadwal anda ke depannya karena waktu yang tersita. 

Waktu anda akan tersita dengan aktivitas bermain handphone ini. Tak hanya itu, bermain handphone ketika bangun tidur bisa berisiko terhadap kondisi suasana hati. Suasana hati akan berubah jika anda menemukan hal atau berita yang kurang baik dari gadget ini. Karena itu, aktvitas anda yang lain akan terganggu. Untuk itu, sebaiknya segera biasakan diri untuk tidak mengecek handphone saat setelah bangun tidur.

2. Ketika Seharusnya Anda Membangun Network

Ketika anda sedang dalam acar seminar, workshop atau event yang penting sebaiknya hindari kebiasaan bermain handphone. Perhatian anda akan tersita dan tidak fokus dengan kegiatan tersebut. Namun sebenarnya, acara tersebut sangat penting untuk anda dan bisa memberi banyak manfaat. Selain itu, saat seperti itu juga anda bisa memperluas jangkauan pertemanan dengan berkenalan dengan orang-orang yang berada dekat dengan anda. Jangan sampai anda hanya keasyikan bermain gadget sampai tidak berbicara dengan orang-orang. Kesempatan untuk menambah teman dan memperluas jaringan tidak anda manfaatkan dengan baik jika hanya keasyikan bermain handphone.

3. Saat Mengerjakan Tugas

Sebuah penelitian dari University of California,menemukan bahwa untuk mengembalikan konsentrasi setelah ada interupsi membutuhkan waktu sekitar 23 menit untuk kembali fokus. Karena itu, jika anda sedang mengerjakan tugas sebaiknya singkirkan dulu handphone dari jangkauan anda. Dengan begitu, perhatian tidak akan tersita dengan notifikasi yang masuk. Anda akan fokus menyelesaikan tugas dan tidak membuang waktu untuk kembali konsentrasi. Disarankan untuk mengubah setelan handphone ke mode silent saat mengerjakan tugas.

4. Di Jam Produktif

Setiap orang punya jam produktif yang berbeda-beda. Jika anda merasa produktif di pagi haris, maka sebaiknya manfaatkan waktu tersebut hanya untuk melakukan aktivitas yang memang membantu anda untuk lebih produktif. Jangan lakukan aktivitas yang kurang penting. 

Jauhkan handphone anda agar dapat bekerja dengan maksimal. Ubah juga mode handphone anda ke mode senyap. 

5. Ketika Seharusnya Anda Beristirahat

Kebanyakan orang, ketika sudah beraktivitas seharian tidak menghalanginya untuk tetap bermain handphone sebelum tidur. Sebaiknya ketika sudah memasuki waktu istirahat maka manfaat waktu tersebut hanya untuk beristirahat. Dengan begitu waktu istirahat anda akan cukup. Bermain handphone sebelum tidur bisa saja membuat rasa kantuk anda hilang dan akhirnya akan begadang. Nah, ketika anda sudah begadang tentunya keesokan harinya akan kesusahan bangun pagi.

Itulah beberapa waktu yang tidak boleh anda gunakan untuk bermain gadget.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)