fbpx
Pasang iklan

Hasil Risert : Orang Baik Cenderung Lebih Miskin

Gema – Sebuah riset mengenai hubungan antara kepribadian seseorang terhadap kendisi keuangan telah dilakukan oleh Sandra Matz selaku peneliti psikologi di Colombia Business School.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa orang baik cenderung memiliki tabungan yang lebih sedikit dan memiliki potensi bangkrut jauh lebih besar dibandingkan orang yang tidak baik. Hasil penelitian ini juga sudah diterbitkan di Journal of Personality and Social Psychology.

Penelitian merupakan penelitian jenis Survey yang berisi banyak pertanyaan mengenai keuangan, data bank dan kepribadian seseorang. Data ini kemudian dikombinasikan dengan data jutaan perilaku orang-orang yang ada di Amerika Serikat dan di Inggris.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa orang yang baik cenderung memiliki pendapatan yang rendah dan berpotensi memiliki masalah keuangan yang cukup besar.

“Orang yang baik memiliki tabungan yang lebih kecil, memiliki utang yang lebih banyak dan cenderung lebih mudah untuk bangkrut,” jelas Matsz seperti yang dilansir di Scientific American.

Bukan tanpa alasa, Matz juga menjelaskan faktor penyebab utama sehingga kesimpulan tersebut diambil. Matz menjelaskan jika orang orang baik cenderung tidak begitu mempedulikan uang, kemungkinan mereka lebih sering metraktir orang lain atau meminjamkan uang kepada orang lain pada kondisi ia sendiri sedang butuh uang.

Lebih memperhatikan uang

Matz menyarangkan kepada orang-orang baik tersebut untuk mulai mengubah pandangan terhadap nilai uang.

“Kita bisa memberikan nasihat kepada mereka agar peduli terhadap uang mereka bukan untuk mereka sendiri, mereka juga harus peduli terhadap uang mereka demi orang-orang yang mereka cintai,” kata Matz.

“Jika mereka salah mengurus uang mereka, maka hal itu juga akan mempengaruhi semua orang yang mereka cintai,” tambah dia.

Matz juga meberikan penjelasan bahwa sebaik-baiknya orang baik, mereka harus memulai mencari defenisi baru dari sifat ‘Deramawan’, terhadap orang-orang disekitarnya. Mulai membatasi diri dengan mentraktir dan dilakukan seperlunya saja.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)