fbpx
Pasang iklan

Hadiri Natal Oikumene, Jokowi Akan Resmikan Patung Yesus Memberkati di Toraja

(Gema – Makale) Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akan mengunjungi Toraja di sela-sela Kunker yang ia lakukan di Sulawesi Selatan.

Presiden Jokowi rencananya akan mengunjungi Toraja untuk menghadiri rangkaian acara Natal Oikumene, Minggu (23/12/2018).

Selain kunjungan tersebut, Jokowi akan meresmikan Patung Yesus Memberkati di Burake, Makale dalam bentuk tanda tangan di atas prasasti.

Patung Yesus Memberkati ini merupakan salah satu destinasi wisata yang tidak hanya populer di kalangan agama Nasrani Sulawesi Selatan, namun juga banyak dikunjungi oleh wisatawan beragama Islam, mengingat mayoritas penduduk Sulawesi Selatan beragama Islam.

Hal ini merupakan cerminan kerukunan umat antar beragama di Sulsel yang sudah lama terjalin. Hall ini juga membuktikan jika Sulawesi Selatan merupakan salah satu daerah dengan nilai toleransi yang tinggi.

Berangkat Dengan Hellikopter

Presiden Jokowi dan rombongan menuju Toraja menggunakan pesawat via Bandara Bua Luwu, lalu bergerak ke Toraja menggunakan Helikopter.

Acara yang akan digelar di panggung depan Plaza Kola Makale ini juga adakan dimeriahkan dengan pesta adat dengan pemberian gelar dari Bupati kepada bapak Presiden Jokowi.

Gelar adat yang akan diberikan dalam bahasa adat Toraja kepada Presiden diberikan atas pertimbangan kepemimpinan Jokowi yang tulus dan ikhlas terhadap bangsa dan Negara.

Salah satu tokoh adat Toraja, Eric Crystal Ranteallo menyatakan bahwa gelar adat ini terlebih dahulu dibicarakan secara bersama oleh tokoh-tokoh adat Toraja

“Apa tanda dan gelar itu akan kita bicarakan bersama dengan tokoh adat, dua hari sebelum acara dimulai. Semuanya baru kita akan koordinasikan,” ungkap Eric Crystal Ranteallo selaku tokoh adat Toraja sebagaimana ayang dikutip dari fajaronline, Sabtu (22/12/2018)

Proses persiapan dan pelaksanaan pengamanan akan dilakukan sesuai dengan standar pengawalan Presiden. Personal gabungan dari TNI dan Polres sejumlah 300-an akan diterjunkan. Pengamanan ini juga dibantu oleh bebeberapa pasukan dari Polres dan Brimob di sekitar kabupaten Tana Toraha.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)