fbpx
Pasang iklan

Guru SMPN 1 Bantaeng Antusias Sambut Pelatihan Pembuatan Nata De Coco dari PKM Prodi IPA Universitas Negeri Makasar

...

(Gema – Bantaeng) Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, melakukan pelatihan pembuatan Nata de Coco di SMP Negeri 1 Bantaeng. Pelatihan merupakan salah satu rangkain program Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar pada bidang kajian Bioteknologi.

Pelatih yang dilaksanakan selama 2 hari ini Jumat (26/7/2019) sampai dengan Sabtu (27/7/2019) berlangsung dengan penuh antusiasme dari para peserta latihan.

Pelatihan yang dihadiri oleh guru-guru IPA Kabupaten Bantaeng dilakukan dengan kerjasama dengan MGMP IPA Kab. Bantaeng dan Ka Sek SMPN 1 selaku tuan Rumah.

Harisa, salah satu guru mata pelajaran IPA di kabupaten Bantaeng mengaku sangat terbantu dengan adanya kegiatan PKM ini karena selama ini, kegiatan membuat Nata de Coco yang diajarkan di Sekolah hanya sebatas teori saja.

“Saya pikir sangat sulit membuat Nata de Coco, namun setelah mengikuti kegiatan ternyata membuat Nata itu terbilang mudah,” jelas Harisa penuh antusias, Sabtu, (27/7/2019) kepada tim reporter Gema Sulsel.

Peserta Pelatihan Pembuatan Nata de Coco di SMP Negeri 1 Bantaeng

Pelatihan yang diketuai oleh Doktor Bioteknologi Universitas Negeri Makassar, Dr. Nurhayani M.Si. tidak hanya sebatas seminar pembuatan tapi juga sampai pada proses pembuatan tape.

Guru-guru IPA terlihat sangat aktif dalam mengikuti instruksi yang diberikan oleh Doktor, Alumni Universitas Teknik Bandung ini.

Melalui pelatihan ini, Dr. Nurhayani berharap PKM ini dapat memberikan Life Skill lebih dari sekdar belar teori dari buku-buku tesk tentang pembuatan Nata de Coco.

Pemilihan produk Nata de Coco ini juga memiliki alasan khusus, mengingat banyaknya permintaan Nata de Coco di Sulawesi Selatan terutama pada bulan Ramadhan yang dianggap adapat menjadi peluang Bisnis baik bagi para Guru dan juga Siswa yang kelak diajarkan oleh guru-guru peserta pelatihan.

Beri tanggapan