fbpx
Pasang iklan

Gandrial Coffeeshop ‘The Hidden Pearl’ untuk Para Pecinta Kopi

Gema – Liburan kali ini saya manfaatkan untuk mengeskplor kopi di tanah kelahiran saya, Tondok Lepongan Bulan, Toraja yang merupakan salah satu penghasil kopi terbaik di Indonesia.

Sebagai penikmat kopi, akan aneh rasanya jika hanya mengetahui fakta di atas tanpa membuktikannya sendiri. Oleh karenanya saya menyempatkan diri untuk berwisata kopi mulai dari ngopi cantik di coffeeshop, mengunjungi perkebunan kopi sampai menyaksikan sendiri proses roastingnya di Gandrial Coffeeshop.

GandRial Coffeeshop

Gandrial Coffeeshop adalah salah satu kedai kopi yang terletak di kota Makale, Tana Toraja. Didirikan sejak tahun 2016, Gandrial coffeshop adalah singkatan dari Gandang Batu Rinding Allo yang juga merupakan asal biji kopi yang di jual di tempat ini.

Selain menawarkan secangkir kopi kualitas terbaik, pelanggan juga bisa menyaksikan langsung proses peroastingan biji kopi yang dipesan.

Tapi bukan itu yang membuat saya menjuluki tempat sederhana ini sebagai ‘The Hidden Pearl’ bagi pecinta kopi. Dari luar, Gandrial Coffeeshop memang tidak terlihat seperti cafe kekinian dengan dekorasi fancy namun di tempat ini kamu akan disuguhi beragam menu kopi sekaligus bisa membawa pulang Varian kopi arabica Lini S 795 yang berasal dari Ke’pe’ Desa Rinding Allo, Toraja Utara dengan harga yang sangat terjangkau.

@gandrialcoffeeshop

Tidak perlu bingung dengan namanya yang sedikit rumit, singkatnya varian kopi ini telah meraih juara 1 Kontes Kopi Specialty Indonesia (KKSI) ke-8 yang digelar di Takengan, Aceh Tengah.

Survinky, pemilik Gandrial juga sempat berbagi cerita dimana ia terdorong untuk membuat kedai kopi karena ingin memperkenalkan rasa dari kualitas kopi terbaik kepada masyarakat Toraja. Menurutnya, sebagai petani kopi, masyarakat Toraja tidak bisa menikmati kopi berkualitas karena biji kopi terbaiknya justru dijual ke luar daerah bahkan diekspor ke luar negeri.

Nah, jika kamu sedang berkunjung ke Toraja, pastikan mengunjungi Gandrial Coffeeshop untuk menikmati secangkir kopi, apalagi jika kamu ingin membawa pulang kopi sebagai oleh-oleh.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)