fbpx
Pasang iklan

Gaji Hanya Numpang Lewat di Rekening, Yuk Ikuti 5 Trik ini Agar Kamu Bisa Mengontrol Pengeluaran

Gema – Ternyata dunia kerja tidak semenyenangkan bayangan kita semasa kuliah. Setelah lulus, kita dituntut untuk bertanggungjawab dan sebisa mungkin merdeka secara finansial. Belum lagi tuntutan pengeluaran seperti uang kos sepaket dengan uang listrik dan air, kebutuhan kuota agar tetap eksis di media social, dan tentu penampilan untuk menunjang gaya hidup.  Sebagai orang yang baru berpenghasilan, membelanjakan uang sendiri rasanya begitu menyenangkan sehingga susah dikontrol. Akibatnya, gaji hanya numpang lewat di rekening bahkan sampai ngutang di akhir bulan, duh pusing kan? Yuk, ikuti 5 trik sederhana ini agar kamu bisa mengontrol pengeluaran.

1. Membuat list barang yang akan dibeli saat belanja bulanan

Belanja bulanan adalah hal salah satu aktivitas yang kadang membuatmu kalap dan susah mengontrol pengeluaran. Tiba-tiba saja segala sesuatu menjadi penting dan harus dibeli. Membuat list barang yang akan kamu beli akan sangat membantu mengontrol pengeluaran dan tentu mencegahmu bolak balik ke supermarket akibat lupa membeli sesuatu.

2. Miliki 2 atau lebih rekening bank untuk mengamankan gaji.

Memisahkan rekening  gaji dan rekening khusus untuk tabungan adalah trik yang terbukti membantumu mengontrol pengeluaran. Apalagi kalau rekening bank khusus tabungan itu dipegang oleh orang tua.

3. Manfaatkan Diskon!

Ada begitu banyak kebutuhan yang harus dibeli, belum lagi keinginan yang harus dipenuhi seperti baju baru di hari raya, atau sekedar nonton di bioskop. Daripada pusing, yuk berburu diskon! Kamu bisa memanfaatkan berbagai macam promo terutama toko yang baru buka, atau yang sedang cuci Gudang. Banyak kok, tinggal pilih!

4. Melirik saldo di ATM sebelum berbelanja

Jangan lupa melirik saldo ATM sebelum berbelanja lalu jumlahkan dengan uang tunai dalam dompet. Jika saldo masih lumayan, bolehlah mengeluarkan sedikit uang untuk memanjakan diri sendiri.

5. Kerja Smart agar naik gaji!

Jika segala cara sudah kamu lakukan tapi masih juga belum bisa mengontrol pengeluaran, maka solusi terakhir ini sebaiknya menjadi bahan pertimbangan. Gaji hanya numpang lewat di rekening, mungkin bukan karena kamu boros melainkan penghasilanmu yang tidak lebih banyak dari biaya hidup. Kalau kata peribahasa, lebih kecil tiang daripada pasak. Jangankan untuk menabung, biaya sehari-hari saja susah.  Sehingga tidak ada solusi lain selain naik gaji!

Itu dia 5 trik sederhana yang akan membantumu mengontrol pengeluaran. Sebisa mungkin hindari gaya hidup mewah ya, apalagi kalau kamu bukan keturunan Crazy Rich Asian!

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)