fbpx
Pasang iklan

Efek Corona – Harga Jahe Merah Tembus 100 Ribu per Kilogram

...

Gema.Id – Diklaim banyak memiliki dampak bagi kesehatan dan mebantu dapat cegah corona, keberadaan Jahe semakin banyak dicari oleh masyarakat, mulai dari Jahe kuning Kecil, Jahe Gajah. terutama Jahe Merah.

Tanaman yang beranama ilmiah Zinginber officinale rubrum semakin hari semakin langka dipasaran, bahkan memabut harganya berlipat ganda. Jika sebelumnya harga Jahe merah di banderol 25 ribu rupaih per kilogram, kini warga Ambon harus merogoh kocek sampai 100 ribu rupiah kg.

Tidak hanya Jahe Merah, Jahe Kuning yang biasanya dijual dengan harga 20 ribu per kilogram kini dujual dengan harga 60 ribu perkilogram.

Baca Juga : Resep Sarabba – Minuman Jahe yang Ampuh Redakan Flu

Sebagaimana yang dilansir dari beritabeta.com, Harga tersebut berlaku di dua pasar Ambon yakni pasar Mardika dan Pasar Batumerah Ambon, per Minggu (19/4/2020).

Hal ini disebabkan oleh permintaan Jhae yang tingi dipasaran padahal persedian tidaklah banyak, sehingga kelangkaan ini membuat harga Jahe Merah meningkat drastis.

Langkanya Jahe ini disebabkan kepercayaan Masyarakat akan khasiat Jahe yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan Flu termasuk Virus Corona.

“Harga sudah demikian, karean kita juga mendapat suplay dari petani dengan harga yang mahal, sehingga kami menjual Jahe merah dan Jahe Putih dengan harga yang tinggi,” jelas Ismail, salah satu pedagaan Jahe di pasara Batumerah, Ambon.

Ismail juga menambahkan jika Jahe Merah yang dipasok di pasar Batumerah berasal dari dari Pulau Seram, sehingga membutuhkan biaya lebih untuk distribusi dari petani di Palau Seram ke Pulau Ambon.

“Mereka menyuplai kepad akita disini, dan memang banyak dicari pembeli,” tutup Ismail.

Harga ini tidak jauh dengan perubahan harga yang terjadi di Ibukota, Jakarta. Sebagai provinsi yang terkena dampak paling besar dari Covid-19, warga yang berburu Jahe juga membuat harga Jahe meningkat yang biasanya dijual dengan harga 40 ribu rupiah, kini sudah dijual dengan harga 100 ribu rupiah sedangka untuk jahe merah 120 ribu rupiah perkilogramnya.

Beri tanggapan