fbpx
Pasang iklan

Destinasi Wisata Unggulan Masa Depan, Indonesia siapkan 10 Bali Baru

Gema.id 10 Bali Baru? Lho, bukannya hanya satu pulau Bali di Indonesia yang terletak di Provinsi Bali. Sebagai salah satu destinasi wisata terbesar di Indonesia, Bali bahkan telah diakui dunia dan ramai dikunjungi jutawan wisatawan dari seluruh mancanegara.

Lalu apa itu 10 Bali Baru? Apakah pemerintah akan membagi-bagi pulau Bali menjadi 10 bagian dan menjadikannya tempat wisata. Ah, jawaban semakin kurang tepat, lantas apa itu 10 Pulau Bali Baru sebenarnya?, berikut penjelasannya

10 Bali Baru, Tempat Wisata Unggulan Masa Depan Indonesia

Jika kalian menjawabnya bahwa 10 Bali itu, pemerintah akan membikin tempat wisata seperti Bali dengan segala gemerlap fasilitas dan kemewahannya, jawabanya nyaris tepat, tapi belum sepenuhnya.

Jadi gini, 10 Pulau Bali adalah program pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pariwisata sebagai bagian dari upaya pengembangan dan promosi destinasi wisata Indonesia. Ada sepuluh, nantinya lokasi yang dipilih menjadi Bali baru. Istilah ini sebenarnya adalah penekanan agar performa masing-masing wisata tersebut seperti Bali, atau bahkan melampaui.

Bali sendiri saat ini tercatat dapat mendatang jumlah pengunjung sekitat 4 juta wisatawan untuk berlibur sekaligus refreshing di tempat ini pada setiap tahunnya.

Begitu guys..

Nantinya, 10 Destinasi Bali Baru ini akan memiliki karakteristik dan keunikan yang berbeda yang tidak kalah indah dibandingkan Bali sendiri untuk dijadikan tempat berlibut para Travellers. Lalu yang mana saja akan menjadi Bali Baru ini. Berikut lokasi dan fakta-fakta menarik yang pastinya membuat kalian membuat perencanaan lalu datang berlibur segera.

Candi Borobudur

Bagi kalian dalam negeri Borobudur bukan tempat yang asing terdengar, namun pemerintah akan lebih menggenjot tempat ini menjadi lokasi wisatawan datang berlibur.

Menurut jejak historinya, Candi Borobudur ditemukan oleh Raffles, Gubernur Jenderal Inggris ini pun menuliskan penemuannya dalam The History of Java.

Total relief yang ada di Candi Borobudur sejumlah 2672 dari 1212 relief dekoratif da 1460 relief kisah. Dikelilingi dua sungai yaitu Sungai Progo dan Elo. Dan, mugkin yang Anda penasaran ternyata tumpukan batu yang menyusun Candi Borobudur terbuat dari balok Vulkanik, dan hebatnya tesusun rapi tanpa perekat.

Semakin membuatnya strategis Candi Borobudu diapit oleh beberapa Gunung Merapi, Gunung Merbau, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing dan Pegunungan Menoreh.

Tanjung Kelayang, Bangka Belitung

Di Belitung, merupakan destinasi yang juga akan dijadikan Bali Baru Kementerian Pariwisata. Ada apa disana?

Ada banyak batu yang terbentuk dari proses alam atas reaksi tabrakan meteor dengan lapisan bumi yang mengandung timah jutaan tahun lalu.  Hingga saat ini Belitung merupakan pulau penghasil timah terbesar di Indonesia.

Akan tetap bukan hanya itu daya tarik Belitung menjadi alasan pemerintah untuk menarik wisatawan datang kemari.  Pulau ini memiliki sejuta pesona, di antaranya Pulau Lengkuas menjadi ikon pariwisata di sana. Pulau ini dikelilingi garis pantai yang memesona dengan pasir putih nan halus ditambah perairan yang jernih membiru.

Di sana ada pula beberapa pantai yang amat cocok untuk refreshing  yaitu  Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Tanjung Pendam, Pantai Tanjung Binga dan Pantai Tanjung Tinggi yang sangat populer.  

Bergeser ke sebelah barat daya pulau Belitung, wisatawan masih akan terus disuguhkan pulau indah yakni, Pulau Leebong dengan keindahan hamparan alamnya, lalu bergeser ke selatan adalagi Pulau Penyabong yang tak kalah indah dengan dua pulau sebelumnya.

Wah, Belitung memang kaya akan keindahannya, tidak salah jika pemerintah akan menjadikannya Bali Baru.

Gunung Bromo 

Bukan hanya pantai, Gunung Bromo juga akan menjadi perhatian pemerintah untuk dijadikan Pulau Bali Baru.  Masyarakat di sana juga mengenak gunung tersebut adalah Gunung Suci. 

Orang Tengger yang merupakan penghuni asli dataran Bromo menganggap gunung ini sebagai Gunung Brahma , maka dari itu setiap tahunnya akan digelar upacara di bawah kaki gunung. 

Disamping nilai leluhur yang masih dipertahankan, Gunung Bromo tak henti-hentinya juga menampakkan keindahannya. Berada di gunung Bromo akan membuta Anda menyaksikan sang surya terbit daru ufuk timur Gunung Bromo secara perlahan.

Paduan warna-warni cahaya kuning, oranye, hitam dab biru yang dihasilkan menjadi fenomena alam yang pemandangannya menarik tersaji bagi kita yang melihatnya secara langsung.

Keindahan Gunung Bromo yang berada di dalan kawasan Semeru memang sudah diakui dan terkenal hingga ke mancanegara.    

Danau Toba

Danau Toba juga dilirik pemerintah dijadikan Pulau Bali Baru, Danau Toba dikenal sebagai danau vulkanik terbesar di Indonesia, bahkan di level Asia Tenggara. 

Terletad di Sumatera Utara, danau ini memilki luas 1.145 km dan kedalaman sekitar 450 meter. Indahnya, di tenga-tengah danau terdapat pulau Vulkanik bernama Pulau Samosir dengan ketinggian 1000 mdpl yang membuat pemandangan lebih menarik karena terlihat seperti gunung saat ditatap dari kejauhan.

Demi memperlancar para wisatawan nantinya ke Danau Toba, pemerintah saat ini membangun jalur kereta api sepanjang 30 meter dari Medan ke Danau Toba.

Sebagai tambahan untuk menarik para wisatawan pemerintah juga akan membangun Taman Bunga Nusantara di kawasan Danau Toba dengan area seluas 150-200 hektar.

Kepulauan Seribu

Yang sebelumnya orang ketahui daerah ini masuk dalam wilayah administrasi Jakarta, namun ternyata tak hanya itu, di sana pula terdapat ratusan gugusan pulau dengan pemandangan yang menakjubkan.

Total ada sebanyak 342 pulau di sana dengan luas mencapai 8,7 kilometer persegi. Bahkan beberapa pulau di daulat sebagai cagar budaya seperti Pulau Kelor, Pulau Cipir, dan Pulau Onrust. Misalnya di pulau Kelor, di sana kamu akan menemui galangan kapal dan banteng Martello yang di lampau dibangun oleh VOC untuk menghadang serangan portugis abad ke-17 kala itu.

Kawan ini juga menjadi bagian dari Taman Nasional Kepulauan Seribu (TNKS), di sana ada empat ekosistem utama sebagai pembentuk ekologis kawasan tersebut, yaitu hutan pantai, hutan mangrove, padang lamun dan terumbu karang.

Bagi kamu yang ingin menyelam nantinya tapi tidak tahu berenang, tenang, di Kepulaun Seribu terdapat banyak keunikan, ada akuarium bawah laut misalnya di salah satu pulau, Pulau Putri.

Sebenarnya akuarium ini bukanlah permanen, akuarium ini adalah perahu dengan bagian bawah terbuat dari kaca. Unik ya, jadi ga sabar ingin ke sana.

Kepulauan Wakatobi

Bawah Laut Wakatobi sudah menjadi hal yang tak terelakkan lagi soal keindahanny dan sudah terkenal luas ke mancanegara. Di perairan laut Wakatobi begitu kaya akan ekosistem.

Di wakatobi, di bawah laut mereka ada beberapa jenis paus dan lumba-lumba yang tak akan ditemui di peraoran laut lainnya bukan hanya di kawasan Indonesia, seluruh dunia pun mengakui.

Hebatnya berdasarkan data, 70 persen dari total spesies karang atau coral di dunia berada di dasar laut wakatobi. Para Travellers juga akan tercengang melihat letak Wakatobi yang berada di jantung segitiga terumbu karang dunia.

Maka tak heran saat ini banyak yang memperkirakan Wakatobi akan menggeser Bali dari total banyaknya wisatawan yang berkunjung di tempat wisata di Indonesia. 

Sebelumnya di sana juga pernah digelar Pameran Pariwisata Terbesar ITB Berlin (Internationale Tourismus-Borse Berlin)  yang diikuti banyak oleh perusahaan pariwisata dunia. 

Labuan Bajo

Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) nyatanya bukan hanya Taman Nasional Komodo, namun Labuan Bajo yang merupakan desa di kawasan tersebut penuh dengan keindahan di dalamnya.

Destinasi wisata yang epic dan bertaraf internasional semua ada disana selain Pulau Komodo tentunya, ada Pantai Bede, Pantai Gorontalo, Gua Batu Cermin, Pulau Bidadari, Kanawa, Pulau Wae Lulu hingga puncak Waringin.

Karena kaya akan destinasi wisata, meski hanya sebagai desa, nyatanya Labuan Bajo memiliki Bandara Internasional yang lokasinya berada di Kota Labuan Bajo, Provinsi Kepulauan Flores.

Jika Anda Travelers berkunjung ke sana, jangan heran jika ada pantai bepasir berwarna pink, yang hanya ada delapan di kawasan dunia lainnya.

Mandalika, Lombok

Pada tahun 2018 lalu pemerintah telah jauh-jauh sebelumnya telah mencanangkan akan menyulapn Mandalika layaknya Nusa Dua Bali, kemudian hal ini akan lebih diprioritaska kembali dengan adanya program “10 Bali Baru”.

Perubahan dilakukan di Pantai Indah Mandalika yang memang mirip Bali, seperti Pantai Gepuruk, Serenting, Pantai Tanjung hingga Pantai Aan. Akan di sulap lebih indah lagi guna menarik wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Mandalika sendiri sejak tahun 2015 telah menjadi Kawasan Ekonomi Khsus (KEK) yang kini gencar melakukan pembangunan mulai dari jalan, listrik dan kawan ekonomi industri.

Pada tahun 2021 mendatang juga akan menjadi gelaran perdana Balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika yang saat ini telah dikerjakan dan menghabiskan anggaran sebanyak Rp6 triliun.

Morotai

Morotai, Halmahera Utara memiliki 35 pulau kecil dan 2 pulau besar yang memesona. Sementara kekayaan alam bawah laut yang menyediakam 25 titik penyelaman terbaik menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Apalagi setelah menjadi tuan rumah Sali Morotai pada 2012 silam.

Keindahan warna air jernih biru tua memberikan sensasi luar biasa bagi merek yang berlibur ke tempat ini. Tempai ini juga cocok bagi kalian yang menyukai olahraga air dan petualangan lainnya.

Di kalangan wisatawan pulau ini sudah mendapatkan julukan khusus “East Indoneisa Paradiise”, surge di timur Indonesia dan, adapula yang menyebutnya surga tersembunyi di bibir pasifik.

Tanjung Lesung

Letusan Karakatau sekitar seabad yang lalu diyakini menjadi awal mula kemunculan Tanjung Lesung. Yang kini memiliki kekayaan hayati yang luar biasa dan panoram keindahan yang luar biasa.

Sekita 15 hektare area merupakan kawasan Tanjung Lesungdengan area seluar ini kamu bisa melakukan berbagai aktifitas outdoor baik yang berbayar maupun harus merogoh kocek untuk menikmatinya.

Namun dijamim perjalanan wisata Anda ke tempat ini tidak akan rugi.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)