fbpx
Pasang iklan

Charta Politika Survei Parpol Elektabilitas Tinggi, PDIP dan Gerindra Unggul

Gema, Jakarta – Charta Politika merilis hasil survei elektabilitas partai politik peserta pemilu 2019. Dari hasil surveinya, PDI Perjuangan dan Partai Gerindra mendominasi dapil DKI Jakarta pada Pileg 2019.

“Jadi hampir di 3 dapil ini, memang kalau kita lihat komposisinya dikuasai oleh PDI Perjuangan dan Gerindra,” ujar Muslimin yang merupakan Direktur Riset Charta Politika dalam keterangan tertulis yang diterima Gema.id, Senin, 11 Februari 2019.

Survei tersebut dilakukan pada 18-25 Januari 2019 dengan metodologi wawancara tatap muka bersama sejumlah responden. Sebanyak 2.400 responden turut berpartisipasi dalam survei itu.

Diketahui DKI Jakarta terdiri dari 3 dapil, jadi masing-masing dapil ada sebanyak 800 responden menurut Charta Politika. Hasil survei menyatakan PDIP unggul di dapil 1 yang kemudian disusul oleh Gerindra.

“Di dapil DKI 1, yang unggul masih ada PDIP, kemudian 17, 6 persen. Kemudian Gerindra ada 14.0 persen. Kemudian nomor 3 Golkar, 9,8 persen, kemudian ada PKB di urutan keempat 8,6 dan seterusnya,” ungkap Muslimin.

Selanjutnya, pada dapil 2 DKI Jakarta hasil survei dari Charta Politika adalah Gerindra unggul lalu diikuti oleh PDIP, PKS, dan PKB.

“Sementara di dapil 2, Gerindra unggul dengan 27 persen suara, diikuti PDIP dengan 24,6 persen suara. Lalu ada PKS dan PKB dengan masing-masing meraih 8,3 persen dan 4,3 persen,” ujar Muslimin.

Terakhir di dapil 3, PDIP kembali unggul dengan perolehan suara 24,9 persen. Kemdian disusul oleh Gerindra, PKS, dan Golkar.

“Kalau kita lihat komposisinya PDIP dan Gerindra karena memang bagaimana kemudian kita bisa katakan bahwa coattail effect di DKI capres dan cawapres mempengaruhi pilihan terhadap partai pengusung itu cukup berpengaruh di dapil DKI 1, 2, dan bahkan 3,” kata Muslimin.

Selain parpol yang memiliki elektabilitas tinggi di 3 dapil DKI Jakarta, Charta Politika juga merilis nama caleg yang banyak dikenal oleh masyarakat di dapilnya. Caleg itu berasal dari PSI, Tsara Amany yang merupakan caleg dapil 2 DKI. Charta Politika mengaku terkejut karena diketahui Tsamara merupakan pendatang baru dalam dunia politik.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)