fbpx
Pasang iklan

Berani Beda Saatnya Berpikir Out of The Box, ini Caranya

Pastinya kamu sudah sering mendengar istilah berpikir out of the box. Lantas apa sih berpikir out of the box itu dan bagaimana cara berpikir ini dapat menguntungkan?

Berpikir out of the box adalah bagaimana kita berpikir kritis di luar kebiasaan-kebiasaan yang ada lalu menciptakan gagasan untuk menjawab tantangan atau menyelesaikan sebuah masalah. Singkatnya, kamu harus berani beda dan melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang baru. Cara berpikir seperti ini akan akan membawa dampak positif, lho! Ini caranya:

1. Berani berpikir beda bisa diawali dengan mengeluh

Siapa bilang mengeluh adalah tindakan yang membuang-buang waktu. Bukankah mengeluh adalah tanda bahwa keadaan yang saat ini kamu jalani membuatmu tidak nyaman dan perlu perubahan?

Jika semua orang hanya duduk diam dan menerima segala sesuatu dan tidak pernah mengeluh, maka tidak akan pernah ada inovasi. Mengeluh akan sebuah situasi akan membuatmu mempertanyakan segala hal lalu mempertimbangkan solusi demi mengambil keputusan yang cerdas. Dengan adanya inovasi, kamu akan lebih mudah dilirik atasan dan tidak menutup kemungkinan akan memperoleh promosi.

2. Membaca buku self improvement boleh juga, tapi coba deh membaca novel detektif atau misteri

Membaca adalah salah satu aktivitas yang melatih otak untuk berpikir. Kebanyakan orang akan memilih buku motivasi atau self improvement jika ingin mempelajari hal baru, tapi tidak ada salahnya juga mencoba genre lain seperti novel detektif atau misteri.

Trik-trik cerdas dalam novel Sherlock Holmes misalnya, mampu membuat pembaca berpikir dan membayangkan adegan tersebut. Sehingga secara tidak langsung akan melatih otakmu untuk berpikir dari sudut pandang berbeda seperti yang dilakukan Sherlock ketika sedang mencari petunjuk dan mencoba menangkap pelaku. Tau nggak sih, cara ini juga digunakan oleh auditor untuk melatih pikiran mereka dan bisa menganalisis kemungkinan adanya penggelapan dana di perusahaan.

3. Berlama-lama di kamar mandi

Ada hubungan yang aneh antara berpikir kreatif dan mandi. Belum ada sih penelitian yang secara pasti membuktikan ini tapi konon banyak orang yang mendapatkan ide cemerlang dari pikiran-pikiran random saat sedang berada di kamar mandi, lho! Apa kamu pernah mengalaminya?

4. Perusahaan besar mulai berpikir out of the box dengan mengedepankan kenyamanan di lingkungan kerja

Perusahaan besar seperti Google memiliki pendekatan berbeda terhadap budaya perusahaan. Tidak perlu jauh-jauh, Bukalapak di Indonesai saja memiliki budaya perusahaan yang bisa dikatakan ‘out of the box’.

Jika kantor pada umumnya masuk jam 7 pulang jam 5, perusahaan besar biasanya tidak memiliki work hour tetap dan membebaskan karyawannya untuk masuk kantor jam berapa saja, bahkan menyediakan ruangan kerja yang sangat nyaman seperti tempat bersantai, desain yang keren, bahkan menyediakan alat musik. Asal karyawan bahagia pokoknya. Karyawan yang bahagia cenderung lebih produktif dan loyal. Jika kantormu masih belum menggunakan pendekatan ini, kamu bisa memulainya sendiri dengan menciptakan ruangan nyaman versi mu.

Nah, perusahaan besar saja sudah mulai berpikir out of the box, kamu juga dong!

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)