fbpx
Pasang iklan

Benarkah Telur Dapat Memicu Munculnya Jerawat, Ini Jawabannya

Gema.id – Lebih dari 90 persen orang menderita karena jerawat yang muncul di wajah. Beberapa hal yang disebabkan dari kemunculam bintik kecil ini yaitu wajah berminyak, komedo dan bahkan bekas luka.

Adapun yang menyebabkan kemunculan jerawat ini yaitu dipengaruhi banyak faktor mulai dari faktor internal ataupun faktor dari lingkungan. Kini banyak beredar kabar bahwa rutin mengonsumsi telur dapat memicu munculnya jerawat. Apakah benar? Simak ulasannya berikut ini.

Pemicu Munculnya Jerawat

Sebenarnya penyebab jerawat karena pengaruh hormon yang memicu kelenjar minyak untuk menghasilkan zat yang dinamakan sebum. Ketika sebum, sel-sel kulit mati dan bakteri menyumbat pori-pori Anda, maka akan terjadi peradangan dan memicu munculnya jerawat. 

Produksi minyak yang berlebih dapat membuat kulit Anda berminyak dan mengundang bakteri penyebab jerawat.

Gema.id ~ Kesehatan

Jika Anda percaya bahwa telur membuat jerawat lebih buruk, coba masukkan ke dalam menu diet dan konsumsi selama empat sampai enam bulan untuk melihat apakah itu berpengaruh. Namun, perlu diingat bahwa banyak produk dibuat dengan telur, seperti mayones, pasta, roti dan kue, Jadi sangat sulit menghindari telur.

Sulit menghindari telur

Jika Anda menjalani diet khusus, tidak mengonsumsi telur atau makanan lain tanpa konsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu. Bahkan jika Anda mengubah kebiasaan diet untuk mengobati jerawat, Anda harus tetap menggunakan perawatan lainnya.

Obat-obatan topikal seperti krim atau lotion dengan bahan seperti benzoil peroksida atau asam salisilat membantu untuk mengurangi sifat sensitif kulit, membunuh bakteri kulit dan mempercepat pergantian sel kulit. Jika ini tidak efektif, dokter kulit mungkin menyarankan mencoba resep obat topikal, seperti yang dengan retinoid, atau obat-obat oral seperti isotretinoin.

Pada sebuah kasus yang dilansir dari alodokter.com, ada seseorang yang bertanya mengenai setiap habis makan telur keesokan harinya tumbuh jerawat pada wajah saya Jerawat dapat muncul oleh akibat beberapa faktor, baik itu karena faktor dari luar yaitu karena adanya infeksi karena kurangnya menjaga kebersihan wajah atau kebiasaan menyentuh wajah, faktor dari dalam akibat pengaruh keseimbangan hormon dan proses metabolisme.

Perlu kajian lebih dalam

Jika jerawat sering kali muncul setiap kali makan telur maka harus dikaji lebih detil lagi. Apakah proses pemasakannya (dimana digoreng cenderung membuat asupan minyak semakin banyak yang nantinya memicu wajah berminyak yang mempermudah terjadinya jerawat), ataukah kandungan yang dimiliki telur tersebut sehingga akhirnya mempengaruhi metabolisme dan atau produksi hormon-hormon tertentu terhadap diri Anda.

Maka itu dojter memberi saran untuk memeriksakan diri Anda ke dokter kulit secara langsung untuk dapat dilakukan pemeriksaan dasar guna untuk menggali informasi melalui pemeriksaan langsung untuk mengetahui apakah yang menjadi sumber penyebab timbulnya jerawat tersebut, karena bisa saja ternyata bukan telur lah penyebab jerawat tersebut.

Dampak Konsumsi Telur Berlebihan

Jawaban dari pertanyaan apakah telur menyebabkan jerawat  kini masih diperdebatkan. Hanya saja, mengonsumsi telur bukan satu-satunya penyebab dari jerawat. Berikut beberapa hal yang disebabkan dari kebiasaan mengonsumsi telur.

1. Menyebabkan Alergi

Telur bisa menjadi zat alergen bagi sebagian orang. Jika kulit terasa gatal dan muncul jerawat setelah mengonsumsi telur, kemungkinan Anda memiliki alergi telur.

Telur dianggap sebagai makanan bergizi karena mengandung banyak protein. Namun jika tubuh mengenali protein sebagai antigen, maka hal itu dapat menimbulkan reaksi imun yang menyebabkan munculnya jerawat.

2. Membuat Hormon Tidak Seimbang

Hormon yang tidak seimbang memang memicu munculnya jerawat. Hormon penyebab jerawat dimiliki baik oleh pria dan wanita. Salah satu penyebab hormon tidak seimbang adalah terlalu banyak makan telur, terutama bagi wanita yang sedang menstruasi.

Konsumsi telur harus diimbangi dengan sayur dan buah agar tubuh mendapatkan nutrisi yang seimbang.

3. Memperlambat Penyembuhan Jerawat

Seperti yang sudah disebut di atas, telur bisa membuat hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Akibatnya jerawat akan lebih mudah tumbuh.

Konsumsi telur juga tidak disarankan bagi Anda yang sedang berjuang menyembuhkan jerawat. Jika hormon di dalam tubuh tidak seimbang, maka jerawat akan menjadi sulit hilang.

4. Merangsang Pertumbuhan Jerawat

Apakah telur menyebabkan jerawat? Ya. Sama seperti junk food dana makanan berlemak lainnya, telur juga bisa merangsang pertumbuhan jerawat.

Baca juga: Ternyata Mengonsumsi Telur Secara Berlebihan Bisa Memicu Munculnya Jerawat

Kurangi konsumsi telur secara berlebihan, terutama bagi pemilik wajah berminyak. Kandungan yang ada di dalam telur bisa meningkatkan produksi minyak pada wajah.

5. Membuat Kulit Wajah Menjadi Lebih Kering

Salah satu manfaat pitih telyd yaitu adalah mengurangi kadar minyak pada wajah dan mengecilkan pori pori.

Namun jika kulit wajah Anda termasuk jenis kulit kering, hindari menggunakan masker putih telur sebagai metode perawatan kulit. Masker putih telur dapat membuat kulit semakin kering hingga mengelupas.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)