fbpx
Pasang iklan

Bekerja Tidak Sesuai Dengan Passion, Duri Dalam Daging Sebuah Perusahaan yang Harus Segera Disingkirkan

Gema – Tidak semua orang punya pekerjaan, namun semua pekerjaan dibutuhkan oleh pekerjaan. Untuk menjaga kelangsungan hidup saat ini, sebagai mahluk hidup dan communal, manusia sudah tidak bisa bertahan hidup dengan cara no maden dan berburu sebagaimana manusia purba lakukan. Semuanya butuh pekerjaan.

Tuntutan menjadi sesuatu yang harus dipenuhi, hasilnya seluruh aspek pendidikan hanya bertujuan pada satu hal yang pragmatis, yakni memberikan skill untuk dapat diterima dalam pekerjaan.

Tidak ada cara lain untuk bertahan hidup pada masa modern ini selain bekerja dan mendapatkan penghasilan. Ada keharusan ini membuat seseorang akan bekerja meskipun terkadang terdapat banyak masalah terutama jiwa passion yang tidak terpenuhi.

Beberapa orang akan merasa tidak nyaman bekerja dengan alasan bukan passion. Alasan ini juga tidak bisa dipandang remeh, karena dapat merusak kinerja seseorang dalam pekerjaan. Paling tidak ada beberapa masalah yang akan muncul ketika seseorang bekerja tidak sesuai passion.

#1. Bekerja Tidak Semangat

Motivasi merupakan suatu hal yang dapat mendorong seseorang melakukan sesuatu penuh hati, dan pekerjaan yang dikerjakan dengan hati yang penuh dapat membuat semuanya sempurna.

Tanpa semangat, kinerja seseorang akan menjadi lambat dan mengurangi Produktifitas dari sebuah perusahaan. Jika hal ini dibiarkan, maka kerugian dipihak perusahaan tidak dapat dihindarkan, dan juga dapat merusak jenjang karir dari si pekerja karena tidak kunjung dapat promosi.

#2. Mudah Jenuh

Ketika seseorang hobi dengan memancing, maka dia akan melakoni hobi tersebut dengan senang hati, bisa jadi ini adalah passion sehingga bukan masalah mendapatkan ikan atau tidak dapat, namun bagi yang tidak suka dengan memancing atau sekedar mencoba, maka hal ini menjadi masalah.

Sama hal dengan pekerjaan, bekerja tidak sesuai dengan passion tentu saja sebuah masalah. Rasa jenuh adalah hal yang paling sering menghinggapi seseorang yang bekerja. Rasa Jenuh mungkin masih dipaksakan untuk menyelesaikan pekerjaan terutama pekerjaan yang tidak berkaitan dengan kreatifitas.

Akan tetapi hal ini akan jauh berbeda bagi mereka yang bergelut di industri kreatif, bekerja tidak sesuai dengan passion adalah masalah besar. Rasa jenuh yang menghinggapi dapat memicu stress yang ujung-ujungnya akan merusak pola kerja.

Cewek Murung dipaksa Bekerja
Wanita Murung dan Stress Dalam Pekerjaan – rd.com

#3. Hasil Tidak Maksimal

Hal yang datang berikutnya ketika seorang tidak bekerja sesuai dengan passion adalah pekerjaan yang tidak akan maksimal. Sulit berkembang dan menjadi stuck disatu titik.

Ide-ide kreatif akan sulit muncul, alih-alih menjadi stress karena tidak kunjung menyelesaikan pekerjaan. Hal ini akan berulang keesokan harinya dan seterusnya.

#4. Murung

Murung mungkin bukan masalah pribadi yang serius, namun di kantor murung bisa jadi hal yang dapat merusak ritme pekerjaan rekan satu kantor.

Rob Eyre, seorang peneliti behavioral dari University of Warwick menjelaskan jika perubahan emosional dengan mimik wajah yang kuat dapat menular melalui pandangan.

Mimik wajah yang kuat ini bisa jadi senyum, marah, dan murung. Murung dapat menular kepada orang lain, bahkan Eyre mentakan bahwa suasana hati yang buruk bahkan cenderung menyebar ke seluruh lingkaran sosial.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)