fbpx
Pasang iklan

Begini Cara Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

...

Gema – Tingkat kematian akibat stroke hampir mencapai 80 persen. Sama halnya dengan penyakit jantung.  Karena itu, lebih baik jika mencegah penyakit tersebut sejak awal. Diperlukan beberapa cara untuk mengurangi  risiko tinggi penyakit kardiovaskular menjadi risiko rendah. Buatlah perubahan kecil pada rutinitas harian Anda. Selain itu, berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

1. Bersepedalah 20 menit sehari

Seorang peneliti asal Jerman melakukan penelitian pada 100 pria dengan nyeri dada ringan, baik berolahraga 20 menit sehari di sepeda stasioner atau menjalani prosedur pembersihan arteri yang disebut angioplasty, mereka menemukan bahwa setahun setelah angioplasty, 21 pria menderita serangan jantung, stroke, atau masalah lainnya.  Ingat saja bahwa jika Anda sudah memiliki angina, Anda hanya perlu memulai program latihan di bawah pengawasan medis.2

2. Makan sepotong cokelat hitam beberapa kali seminggu

Percaya atau tidak, beberapa penelitian kecil menunjukkan coklat hitam baik untuk jantung Anda. Efek menguntungkan kemungkinan karena bahan kimia dalam cokelat yang disebut flavonoid, dapat membantu arteri tetap fleksibel. Sifat-sifat lain dari coklat tampaknya membuat arteri lebih kecil kemungkinannya untuk menggumpal dan mencegah kolesterol “jahat”, LDL, dari pengoksidasi, sehingga cenderung membentuk plak. Cokelat hitam juga kaya magnesium dan serat. Tetapi menghindari coklat susu, yang tinggi lemak mentega dan dengan demikian cenderung meningkatkan kolesterol.

3. Konsumsi vitamin B kompleks setiap pagi

Seorang peneliti dari Swiss dalam penelitiannya meminta lebih dari 200 pria dan wanita untuk mengambil kombinasi dari tiga vitamin B (asam folat, vitamin B6, dan vitamin B12) atau plasebo setelah mereka menjalani operasi, mereka menemukan bahwa tingkat homocysteine, zat yang terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung adalah 40 persen lebih rendah pada mereka yang mengonsumsi vitamin.

4. Tidur satu jam lebih awal pada malam hari 

Sebuah penelitian di Harvard terhadap 70.000 wanita menemukan bahwa mereka yang tidurnya kurang dari tujuh jam memiliki risiko penyakit jantung yang sedikit lebih tinggi. Peneliti menduga kurang tidur meningkatkan hormon stres, meningkatkan tekanan darah, dan mempengaruhi kadar gula darah. Namun, pertahankan waktu tidur Anda secara keseluruhan tidak lebih dari sembilan jam. Penelitian yang sama menemukan wanita yang tidur sembilan jam atau lebih memiliki sedikit peningkatan risiko penyakit jantung. Tidur terlalu lama bisa memiliki efek negatif lainnya juga.

5. Makan ikan setidaknya sekali seminggu

Dimasak, ditumis, dipanggang, atau dipanggang semuanya baik untuk mengurangi risiko kedua penyakit ini. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association pada bulan April 2002 menemukan bahwa wanita yang makan ikan setidaknya sekali seminggu sepertiga kurang mungkin untuk mengalami serangan jantung atau meninggal karena penyakit jantung daripada mereka yang makan ikan hanya sekali sebulan . Studi lain menunjukkan manfaat serupa untuk pria. Penelitian besar lainnya menemukan bahwa konsumsi ikan secara teratur dapat mengurangi risiko fibrilasi atrium atau detak jantung yang cepat dan tidak teratur yang merupakan penyebab utama kematian mendadak.

Beri tanggapan