fbpx
Pasang iklan

Beberapa Daftar Kementerian yang Paling Banyak Diincar dalam CPNS

(Gema – Jakarta) – Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mulai dilaksanakan pada hari Rabu (19/9/2018). Pelaksaan tersebut disebut sebagai proses seleksi yang sangat besar di Asia Tenggara.

Hal tersebut dimulai hari ini resmi dibuka akses portal terintegrasi sscn.bkn.go.id. Portal tersebut dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Disamping itu, karena membeludaknya masyarakat yang beramai-ramai membuka website tersebut sehingga sulit untuk membuka lamannya. Terlepas dari itu, menurut Mohammad Ridwan selaku Humas BKN mengungkapkan bahwa ada beberapa kementerian dan instansi yang menjadi favorit bagi para calon pendaftar PNS.

“Tahun lalu Kemenkeu, BPKP, Kementerian PUPR, Kemenlu. Itu yang paling banyak,” kata Humas BKN saat ditemui jumpa pers di Kantor BKN, Jakarta Timur, pada hari Selasa (19/9/2018).

Yang menjadi favorit tersebut merupakan Kementerian dan lembaga yang memiliki gaji yang cukup tinggi. Misalnya saja, Kementerian Keuangan, kementerian tersebut dikenal memiliki gaji yang paling tinggi dibandingkan dengan instansi negara yang lainnya. Sehingga tak heran jika sangat banyak masyarakat yang memfavoritkannya.

“Yang rinci saya nggak punya angkanya,” ungkapnya lagi.

Kendati demikian, Ridwan kemudian kembali mengungkapkan bahwa perlu kita ketahui jika Calon Pegawai Negeri Sipil di setiap daerah memiliki tunjangan yang cukup besar. Bahkan ada beberapa daerah yang tunjangan pegawainya lebih besar daripada tunjungan pegawai yang bekerja di pusat. Hal tersebutlah yang menjadi daya tarik sehingga banyak masyarakat yang antusias mengikuti seleksi CPNS.

Akan tetapi, disamping itu ternyata ada lowongan kerja yang justru sepi dengan peminat. Misalnya saja tahun lalu, pendaftar untuk posisi guru berpendidikan strata 2 (S2) sangat kurang yang diperuntukkan mengajar di Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN).

“Ada beberapa yang lain malah kurang. Misalnya, yang sangat spesifik itu dulu di guru S2 di STIN itu nggak berani, sudah karena STIN itu di bawah BIN, jadi persepsinya menakutkan padahal itu bisa,” kata Ridwan kemudian.

Menurut Bima Haria Wibisana sebagai Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengungkapkan bahwa sebanyak 51.271 CPNS yang dibutuhkan untuk instansi pusat. Di instansi pusat diketahui terdiri atas 76 kementerian atau lembaga. Kemudian sisanya 186.744 slot CPNS ada di 525 instansi daerah.

Perlu diketahui juga bahwa dalam tingkat pusat, Kementerian Agama yang paling banyak membuka peluang CPNS 2018 yaitu 17.175.

Jadi sebelum memutuskan untuk mendaftar CPNS perlu diperhatikan berapa banyak peluang yang kita miliki yah.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)