7 September 2018

Apa Itu Quinoa? Bahan Alami yang Dapat Dijadikan Masker untuk Kecantikan

Prakiraan durasi baca: menit - Panjang artikel kata.

Gema – Kinoa atau quinoa ini merupakan biji-bijian dari tanaman yang memiliki nama latin Chenopodium quinoa.  Kinoa sudah ada sejak 5000 tahun yang lalu. Quinoa ini tanaman sejenis rumput, dimana bijinya kecil dan kulitnya yang keras. Pada 4000 tahun yang lalu, tanaman ini sudah banyak tumbuh di Amerika Utara. Meskipun ukurannya yang kecil namun gizi yang terkandung dalam quinoa cukup banyak.  Seperti asam lemak esensial lysine dan kalsium, fosfor dan zat besi.

Quinoa kaya akan protein, kalsium, fosfor, zat besi, asam lemak essensial dan berbagai vitamin yang penting untuk tubuh. Karena itu, biji-bijian ini termasuk ke dalam super food. Kinoa ini ada berbagai macam warna, ada yang berwarna putih, merah dan cokelat. Namun, yang banyak ditemukan di Indonesia yaitu kinoa yang berwarna putih dan merah. Kinoa ini sangat bermanfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. 

Sekarang ini, sudah banyak produk kecantikan yang menggunakan kinoa sebagai bahan dasar. Ada beberapa yang menjadikan kinoa sebagai masker wajah. Lantas, apa sajakah manfaat quinoa untuk kecantikan? Berikut ulasannya.

Manfaat quinoa untuk kecantikan

1. Menyamarkan flek hitam dan mencerahkan kulit

Menurut sebuah penelitian yang terbit di International Journal of Cosmetic Sciences menuliskan bahwa quinoa ini dapat menghambat kerja dari enzim tyrosinase. Enzim tersebut yang menyebabkan terjadinya pigmentasi kulit. Karena itu, kinoa ini dapat menyamarkan noda hitam pada wajah sekaligus mencerahkan kulit wajah.

2. Melindungi kolagen

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen di dalam tubuh akan menurun. Kolagen ini merupakan protein penting untuk kulit yang dapat menjaga keelastisan kulit dan membuat kulit tetap kencang. Nah, jika produksi kolagen berkurang maka akan muncul garis halus pada wajah dan memicu terjadinya penuaan dini. Quinoa ini dapat menghambat kerja dari enzim matrix metalloproteinase. Enzim tersebut yang dapat mengurangi produksi kolagen pada kulit.

3. Mengobati jerawat

Quinoa ini memiliki kandungan vitamin B3. Vitamin ini dapat mengurangi risiko peradangan pada jerawat dan membantu proses regenerasi kulit.

4. Sebagai scrub wajah

Tekstur dari biji-bijian ini yang kasar sehingga dapat dijadikan sebagai masker. Masker quinoa dapat mengangkat sel kulit mati namun tidak merusak lapisan kulit.

5. Menunda penuaan kulit

Kinoa ini mengandung vitamin A. Vitamin tersebut dapat mempercepat produksi kolagen, menyamarkan garis halus dan membuat kulit menjadi kencang. Tak hanya itu, vitamin B2 juga terkandung pada biji-bijian ini. Vitamin B2 ini yang dapat menjaga keelastisan kulit. 

6. Melawan radikal bebas

Quinoa juga memiliki kandungan mangan yang cukup tinggi. Mangan ini merupakan mineral yang melawan radikal bebas. Karena itu, kinoa ini dapat mencegah terjadinya kerusakan pada mitokondria serta dapat melindungi sel darah merah dari serangan sel yang rusak. 

Cara membuat masker wajah quinoa

Itulah beberapa manfaat dari quinoa untuk kecantikan. Nah, anda bisa mendapatkan manfaat tersebut dengan membuta masker wajah berbahan quinoa di rumah. Berikut cara membuat maskernya.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 90 gram quinoa mentah
  • secangkir air putih
  • 60 gram yoghurt
  • 1 sendok madu

Cara membuat masker quinoa:

  • Cuci bersih quinoa kemudian rebus dengan segelas air hingga mendidih
  • Setelah mendidih, kecilkan api kemudian biarkan hingga 15 menit
  • Dinginkan quinoa yang telah berbentuk bubur hingga 15 menit
  • Setelah itu, campurkan dengan 60 gram yoghurt dan 1 sendok madu
  • Aduk hingga merata
  • Aplikasikan campuran tersebut ke wajah dengan merata
  • Diamkan hingga 30 menis kemudian bilas wajah hingga bersih.

Itulah manfat dan cara membuat masker wajah quinoa. Selamat mencoba.

Penaut:
Back to Top