fbpx
Pasang iklan

Akhirnya Sah! Ibukota Negara Pindah ke Kalimantan

Gema.id – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas) menyatakan bahwa Ibukota Negara akan dipindahkan ke kalimantan.

Mengingat pernyataan yang telah diungkapkan oleh Joko Widodo “Iya kan memang sudah dari dulu saya sampaikan pindah ke Kalimantan. Nah kalimantannya yang kalimantan mana yang belum. Nanti kita sampaikan agustus lah” Ia berjanji akan menyampaikan secara resmi tempat pemindahan Ibukota pada Agustus 2019.

Deputi Bidang Pengembangan Regional kementerian PPN/Bappenas Rudy S. Prawiradinata mengatakan bahwa pemindahan ibukota sudah pasti akan dibangun, dampaknya akan ke seluruh kalimantan akan signifikan. Sebab sarana dan prasarana infastruktur yang dibutuhkan di ibu kota baru Indonesia ada di sana.

Ibukota dipindahkan di tengah agar Indonesia sentris, seimbang terhadap seluruh wilayah indonesia. Itulah mengapa kalimantan menjadi salah satu pilihan, selain karena lahan yang luas dan relatif aman bencana.

Rencananya Kementerian PPN/Bappenas akan membentuk sebuah badan otorita yang bertugas mempermudah manajemen aset bagi proyek-proyek KPU Utilitas. Sarana utilitas yang dibutuhkan ibukota Negara terdiri dari saluran multifungsi, sarana penerangan, air bersih dan minum, listrik dan sejumlah sarana utilitas lainnya.

Sedangkan untuk gedung perkantoran yang dibutuhkan dalam konsep pengelolaan ibukota Negara antara lain gedung-gedung untuk lembaga eksekutif, yudikatif dan legislatif.

Selain itu fasilitas untuk publik yang juga dibutuhkan di ibukota yang baru adalah rumah sakit, sarana dan prasarana olahraga serta kesenian, perpustakaan, transportasi urban, pasar, rumah susun sewa dan berbagai fasilitas publik lainnya.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)