fbpx
Pasang iklan

Akar Rumput Partai Demokrat Pecah, ini Kata Poitisi Gokar

(GEMA – Jakarta) Ace Hasan Syadzily, Ketua DPP Partai Golkar mengatakan bahwa ia yakin kader Partai Demokrat di akar rumput mendukung pasangan Joko Widodo atau Jokowi – Ma’ruf Amin, meskipun secara institusional partai tersebut mendukung pasangan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno di Pemilu Presiden (Pilpres) 2019.

“Harus diakui bahwa arus bawah di Demokrat lebih menginginkan pasangan kami, Jokowi – Ma’ruf Amin,” kata Ace di Kompleks Parlemen, Jakarta, pada Senin, 10 September 2018.

Ace mengatakan Koalisi Indonesia Kerja (KIK) sangat senang ketika gubernur asal Demokrat menyatakan dukungan terhadap Jokowi-Maruf dan terbuka apabila kader Demokrat yang lain mendukung pasangan tersebut.

Menurut Ace, dukungan tersebut menunjukan Jokowi – Ma’ruf lebih baik daripada pasangan yang lain dan bentuk kesadaran bahwa elektabilitas Jokowi – Ma’ruf lebih baik.

“Dukungan mereka merupakan kesadaran objektif bahwa Jokowi – Ma’ruf elektabilitasnya di masyarakat tinggi terutama di Papua, Sulawesi Utara, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan yang menjadi basis suara kami,” ujar Ace.

Sebelumnya Lukas Enembe , Ketua DPD Demokrat Provinsi Papua yang juga Gubernur Papua menyatakan bahwa dukungannya akan tertuju untuk Jokowi.

Sementara itu, Kepala Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum Demokrat, Ferdinand Hutahaean mengungkapkan partainya akan memberikan dispensasi pada sejumlah kader di daerah yang mendukung Jokowi pada Pilpres dan tidak akan diberi sanksi.

Dirinya menjelaskan, sikap itu diambil untuk menyelamatkan calon anggota legislatif (caleg) dari Demokrat sehingga partainya agar tetap terpilih di daerah yang mayoritas penduduknya mendukung Jokowi.

Ferdinand menambahkan, apabila Partai Demokrat memiliki kebijakan garis lurus mendukung Prabowo maka akan menyulitkan kadernya di bawah yang daerahnya banyak pemilih Jokowi.

Meski sebelumnya diisukan soal mengenai politik dua kaki yang ditudingkan oleh sejumlah pihak kepada Partai Demokrat dalam pemilihan umum 2019.

Kendati demikian, hal tersebut dibantah oleh Agus Hariurti bahwa yang dimaksud  politik dua kaki Partai Demokrat adalah memenangkan partai di pemilihan legislatif sekaligus memenangkan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno di pemilihan presiden.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)