fbpx
Pasang iklan

AJI: RKUHP Perlu Ditolak, Ada Pasal Menghambat Kerja-kerja Jurnalis

Gema.id – Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidanan (RKUHP) yang akan segera disahkan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) secara tegas ditolak oleh Aliansi Jurnalis Indonesia, yang menurut mereka ada sejumlah pasal dalam rancangan undang-undang tersebut bisa menghambat kerja-kerja jurnalis.

Hal ini disampaikan oleh ketua AJI Jakarta, Asnil Bambani Arwani di depan Gedung DPR RI saat menyampaikan pendapat, Senin (16/9/2019) kemarin.

Terkait pasal tentang penghinaan presiden dan wakil presiden serta kepada pemerintah menjadi salah satu poin keberatan aliansi jurnalis.

Asnil juga mengutarakan kerja-kerja jurnalis adalah upaya mengkritisi kinerja pejabat eksekutif. Pada pasal ini, nasib jurnalis akan semakin terancam dalam menjalankan tugas mereka.

“Jika rezim ini kita kritisi lagi-lagi ancaman penjara juga ada pada kita,” ungkap ketua AJI Jakarta tersebut.

Lalu, terkait dengan penyiaran berita bohong, di mana hal tersebut memilki mekanisme Dewan Pers untuk diselesaikan.

“Jika kemudian ada yang tidak terklarifikasi kemudian belum terkomfirmasi. Ada  upaya jurnalisme yang bisa kita lakukan. Tapi kemudian jika undang-undang ini berlaku, ini bisa dibilang menyebarkan berita palsu, penjara juga akan mengancam kita,” ungkapnya.

Ia mencotohkan model pemberitaan perkiraan cuaca yang merupakan contoh pemberitaan tidak pasti. Ketika wartawan memberitakan tentang hujan lalu tidak terjadi, maka wartawan bisa dipenjarakan.

Pasal penghinaan agama juga mendapati sorotan dari AJI, di mana kebenaran bagi agama belum tentu menjadi kebenaran bagi agama lain.

Yang paling menggelitik lagi, adalah pasal pencemaran nama baik yang menurutnya orang mati pun bisa ikut-ikut bersangkutan.

“Ini paling lucu sebenarnya. Jadi ketika kita mengkritisi, misalkan Soeharto, kemudian keluarga Soeharto enggak terima, itu bisa kena sebagai pencemaran nama baik orang mati,” kata Asnil.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)