fbpx
Pasang iklan

Ada Masalah yang Muncul Jika Semua Produk Wajib Sertifikasi Label Halal

Gema.id – UU Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH) akan diberlakukan pemerintah mulai 17 Oktober 2019.  Aturan itu mewajibkan setiap barang harus mengantongi sertifikasi halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) sebuah badan di bawah Kementrian Agama.

Namun jauh sebelum diterapkan aturan tersebut dinilai akan menimbulkan masalah. Pasalnya, label halal tersebut  untuk segala jenis barang yang dipasarkan.  Nantinya bukan hanya makanan-minuman dan obat, tetapi benda seperti kacamata bahkan sampai pada alat elektronik seperti kulkas juga majalah harus memiliki label halal.

“Bayangkan, kacamata itu apa sih hubungannya [dengan sertifikat halal]? Baju masih mending. Tapi dia ngoyo minta ke MUI. Jadi bukti memang daya saingnya,” ujar Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kemenperin, Gati Wibawaningsih pada keterangan pers yang diterima Gema.id.

“Kenapa halal penting? Ada perusahaan kacamata, Atala. Kacamata hubungannya sama halal apa? Tapi dia apply sertifikat halal. Tahu enggak yang bingung apa? MUI nya yang bingung, karena nggak ada lab-nya,” ucap Gati.

Pesimisme tersebut lalu ditanggapi oleh Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Sukoso yang menepis dan menegaskan bahwa lembaganya siap menjalankan sertifikasi ini. Labolatorium menurutnya bukan unsur utama, tetapi pendukung jika ada unsur tertentu. Sukoso juga menambahkan tidak ada batasan produk yang bisa membuat sertifikasi

“Baca UU 33 Tahun 2014. Pasal 1 barang dan/atau jasa yang terkait dengan makanan, minuman, obat, kosmetik, produk kimiawi, produk biologi, produk rekayasa genetik, serta barang gunanya dipakai , digunakan, atau dimanfaatkan oleh masyarakat,” ucap Sukoso.

Sementara  Staf Ahli Menteri Agama Bidang Hukum Jenedjir M Gaffar proses standar kehalalan makan dan minuman akan dilaksanakan pada 17 Oktober 2019 kemudian bertahap berlanjut baik itu obat, barang sampai jasa.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)