fbpx
Pasang iklan

7 Bahan Makanan Rumahan yang Dapat Mencegah Kanker

Gema – Kanker menjadi salah satu momok bagi kehidupan manusia, pasalnya selain ganas dan berbahaya, kanker merupakan jenis penyakit yang belum memiliki obat, jika tumor bisa dilakukan operasi pengangkatan, berbeda dengan kanker yang justru nyaris tidak bisa diobati.

Salah satu cara yang bisa dilakukan agar tidak berhubungan dengan penyakit ini adalah dengan cara melakukan pencegahan dengan cara menghindari pemicu kanker atau bahkan bisa mencegah kanker seperti 9 jenis makanan berikut ini.

Baca juga : Kebanyakan Tidur Picu Kanker

#1. Brokoli

Sayuran yang dibenci orang ini karena memiliki rasa pahit ternyata mengandung antioksidan sulforaphane. Antioksidan ini sangat baik untuk mengatur enzim estrogen berlebih dalam tubuh yang menjadi penyebab kanker dan juga mencegah tumbuhnya sel tumor dalam tubuh.

Brokoli Sayur sehat pencegah kanker
Brokoli

#2. Apel

Apel menjadi salah satu buah yang memiliki kandungan sangat baik dalam mencegah berbagai macam penyakit sejak dulu kala. Tidak heran jika pepatah An apple a day keeps the doctor away adalah salah ungkapan yang sangat relevan dengan kesehatan.

Baca Juga : Benarkah Cuka Apel bisa Mencegah dan Mengobati Kanker?

Apel mengandung banyak vitamin C yang sangat baik menjaga kesehatan tubuh dan membantu penggantian sel-sel mati. Selain itu serat dari buah apel juga sangat baik menjaga pencernaan.

#3. Kunyit

Terutama kunyit Putih, rempah dapur ini mengandung sejenis zat bernama curcumin. Curucimin dipercaya dapat membunuh sel tumor dan kanker payudara.

Selain itu, bumbu dapur berwarna kuning ini mengandung efek anti-inflamasi yang dapat mencegah infeksi yang disebabkan oleh bakteri seperti jerawat. Rasanya pun hampir tidak ada, namun justru membuat masakan memiliki aroma yang menggiurkan.

#4. Jamur Shitake

Memiliki bentuk seperti popcorn tradisional yang berwarna coklat dengan putih, Jamur Shitake memiliki khasiat yang berbanding terbalik dengan tampaknya yang buruk.

Jamur Shitake memiliki kandungan antioksidan berupa L-ergothioneine yang melindungi tubuh manusia dari kanker. Konsumsi Jamur Shitake setiap hari terbukti mengurangi resiko terkena kanker payudara dan tumor 60%. Selain itu rasa Jamur ini juga sangat enak, bahkan orang jepang sangat suka nasi yang dimasak dengan jamur Shitake.

Jamur Shiitake untuk obat kanker
Jamur Shiitake

#5. Bayam

Pernah melihat Popeye? kartun Angkatan Laut Amerika serikat yang sangat terkenal kuat setelah memakan bayam? Kartun ini sengaja dibuat oleh Amerika untuk mengajarkan anak-anak mereka suka makam bayam karena sayur ini memang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan.

Bayam mampu membantu wanita yang sudah menopouse terhindar dari resiko terserang kanker payudara sebanyak 40%. Bayam mengandung asal Folat dan Vitamin B yang dapat mencegah perbuahan DNA yang diduga menjadi penyebab utama kanker.

#6. Minyak Ikan

Minyak ikan terkenal kaya akan omega-3 yang dapat mengurangi peradangan serta resiko karsinoma duktal. Karnsinoma Duktal sendiri adalah pemicu kanker terutama kanker payudara.

Baca juga : Jenis Makanan Penyebab Kanker

Minyak ikan ini bisa dikonsumsi dari ekstrak ikan yang banyak dijual di apotek, namun lebih enak lagi jika dikonsumsi dalam bentuk ikan Tuna atau ikan Salmon segar, selain sehat nikmat lagi di buat sushi.

#7. Buah dan Sayur Warna orange

Buah dan Sayur berwarna hijau memang sehat, namun orange atau jingga juga tidak kalah sehatnya. Makanan tersebut seperti Wortel, Blewah, Jeruh dan Ubi memiliki kandungan Carotenoid yang sangat sehat.

Makanan ini juga membantu tubuh mengandung banyak serat yang sangat sehat untuk pencernaan tubuh manusia. Jadi tidak ada alasan untuk tidak makan jeruk sesegara mungkin bukna?

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)