fbpx
Pasang iklan

6 Tips Memilih Jasa Fotografer Wedding dan Prewedding Agar Tidak Dapat Foto Zonk

Gema – Pernikahan adalah moment yang sangat indah dan banyak orang yang berharap jika moment tersebut hanya dijalani sekali dalam seumur hidup. Tidak heran jika banyak orang akan melakukan banyak persiapan untuk menyelenggarakan moment ini.

Karena tidak yang ingin mengulang momen ini, proses pengabadian seluruh rentetan acara adalah hal yang penting, oleh karena itu jasa Fotografer sangat dibutuhkan, bahkan untuk saat ini banyak pasangan yang rela mengeluarkan belasan sampai puluhan juta rupiah agar hasilnya memuaskan.

Besarnya biaya yang disiapkan pasangan yang akan menikah untuk bagian dokumentasi membuat bisnis Fotografi wedding dan Prewedding menjamur. Namun beberapa kasus ternyata tidak sesuai dengan harapan. Banyak pihak yang memanfaatkan kepercayaan pelanggan dan memasang harga tinggi dengan hasil yang tidak sesuai dengan harapan.

Untuk terhindar dari kekecewaan yang mendalam saat memilih jasa fotografer prewedding dan wedding abal-abal, berikut ini ada beberapa tips yang ada baiknya untuk dipertimbangkan.

#1. Fotografer Berpengalaman dan Handal

Serahkan pada ahlinya, tentu saja kalimat ini juga berlaku saat memilih fotografer Wedding dan Prewedding, karena tidak yang lebih tepat dari menyerahkan pekerjaan kecuali pada ahlinya.

Namun yang jadi masalah masalah ahli dalam fotografer tentu saja bukan berdasarkan pengakuan sang fotografer, karena siapa saja bisa memberikan pengakuan pada dirinya sendiri mengenai keahliannya dalam bidang bidang fotografi.

Untuk melihat fotografer handal bisanya dapat dilihat dari rekomendasi yang diberikan oleh orang-orang sekitar mengenai kehandalan dari seorang fotografer. Jangan mudah tertipu dengan jasa artis dan yang difoto oleh fotografer tersebut karena bisa saja para artis dan model tersebut merupakan endorsment yang sengaja dibuat sangat sempurna untuk keperluan branding atau iklan.

Hal yang paling baik adalah meminta saran dari beberapa orang yang sudah menggunakan jasanya atau dari meminta saran dan pendapat teman yang memiliki hobi dengan fotografi mengenai fotografer yang akan digunakan.

Jasa Fotografer Wedding
Fotografer Prewedding – emanoilconstantin.ro

#2. Perhatikan Portofolio

Hal yang paling baik dijadikan bahan pertimbangan saat ini adalah portofolio dari sang fotografer. Sekarang sudah ada banyak media yang bisa menampung karya-karya dari fotografer yang akan dijadikan orang yang bertunggung jawab mengabadikan momen bahagia kalian.

Hal lain yang harus dipertimbangkan adalah genre dari portofolio sangat fotografer. Ingat Fotografer memiliki banyak sekali genre fotografi seperti modelling, landscape, human interest, weeding, komersial dan sejenisnya.

Memang tidak menutup kemungkinan, namun hampir mustahil jika ada seorang fotografer menguasai semua genre, oleh karena sebaiknya pilih fotografer yang memiliki kedekatan dengan foto Wedding, seperti Foto Komersial ataupun modelling. Sebaiknya hindari fotografer lain seperti fotografer landscape apalagi macro.

Tips Memilih JAsa Fotografer Prewedding ekstrem di Makassar
Prewedding Ekstreem di Tebing – demilked.com

#3. Gaya Pemotretan dan Warna Foto

Asumsi pertama yang harus diperhatikan dalam memilih jasa fotografer Wedding dan Prewedding jangan mau termakan omongan fotografer jika foto yang keren itu harus sesuai dengan sudut pandang mereka.

Hal ini sangat penting bagi anda, karena anda dan pasangan anda yang akan menyimpan foto tersebut di rumah sampai kakek-nenek, sehingga asumsi yang harus ada adalah foto tersebut harus sesuai dengan keinginan kalian bukan keinginan fotografer.

Tugas fotografer adalah mewujudukkan foto yang anda inginkan dengan cara menceritakan detil foto yang sesuai dengan rencana anda dan pasangan. Tugas anda adalah menyiapkan bajet dan tugas fotografer adalah mempertimbangkan masukan dari kliennya untuk diwujudkan dalam bentuk foto.

Misalnya anda ingin foto wedding anda penuh dengan imajinasi maka carilah fotografer yang sesuai dengan keinginan anda, jangan memilih fotografer yang memiliki aliran realistik begitupun sebaliknya.

Konsep Wedding Unik dengan Tema Dongeng
Konsep Wedding Unik dengan Teman Fantasi dan Dongeng – sbs.com.au

#4. Lihat Studio Foto dan Peralatan yang Lengkap

Tidak memberikan jaminan pasti, namun memiliki studio fotografer bisa jadi salah satu indikasi jika fotografer yang anda akan hire adalah fotografer profesional. Pasalnya untuk memiliki sebuah studio tentu saja tidak murah, jadi memiliki studio merupakan salah satu tanda kalau mereka adalah fotografer serius.

Selain itu memiliki studio foto membuat pemotretan jauh lebih mudah jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, misalnya jika anda memiliki jadwal pernikahan dalam waktu yang relatif singkat namun keadaan cuaca tidak bersahabat.

Cewek Korea Seksi dengan Wedding tema Modern dan handal
Konsep Prewedding Indoor di Studio Foto – hellomuse.com

#5. Teknis Editing Handal

Fresh form di Open, biasanya menjadi salah satu alasan fotografer yang malas melakukan editing. Istilah fresh from di Oven sepertinya tidak cocok dengan jasa fotografi komersial seperti Wedding dan preweeding.

Mengapa editing perlu, tentu saja karena lokasi hunting foto yang dipilih terkadang bukan lokasi privat dimana banyak orang yang akan lalu lalu dan juga meninggalkan jejak di gambar seperti sampah dan sejenisnya.

Proses editing tentu saja dibutuhkan untuk melakukan ‘pembersihan’ di lokasi hunting, kecuali anda seorang sultan yang mampu membayar loaksi hunting untuk keperluan anda sendiri.

Selain itu warna bawaan kamera terkadang tidak sesuai dengan kebutuhan, biasanya warna terlalu realistik, hihg kontras atau low-K membuat sebagian orang tidak puas ata tidak sesuai dengan selera.

Dalam kasus ini editing merupakan salah satu cara menutupi kekurangan hal tersebut. Selain itu editing juga akan memberikan koreksi warna dan juga memberikan tonal pada foto sehingga ada baiknya untuk menanyakan post processing yang akan dilakukan oleh fotografer, yah meskipun ini optional.

Jasa Edting foto PRewdding juga sangat keren
Edting Foto

#6. Perhatikan Kontrak Foto dan Profesionalisme dari Fotografer

Fotografer Wedding baik dengan bajet rendah dan bajet tinggi merupakan pekerjaan profesionalisme yang melibatkan uang. Oleh karena ada baiknya jika ke dua belah pihak baik dari segi pengguna jasa dan penyedia jasa menyepekati sebuah kontrak.

Kontrak tersebut berkaitan dengan lokasi motret, jumlah foto, harga, dan juga segala jenis detail yang mungkin saja menjadi masalah di kemudian hari, seperti properti, MUA dan pembayaran lokasi pemotretan. Jangan sampai niatnya hemat justru kena tarif Charge yang selangit.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)