fbpx
Pasang iklan

4 Kebiasaan ini Justru Membuat Jerawat Tambah Parah

Gema – Sudah coba banyak produk anti jerawat tapi bukannya sembuh malah tambah parah. Sadar atau tidak, biasanya beberapa kebiasaan kita justru membuat jerawat tambah parah. Padahal kita sudah sibuk menyalahkan produk A dan B yang sepertinya tidak cocok di kulit wajah.

Baca juga: Kenali Jerawat Nodul Mulai dari Gejala hingga Pengobatannya

Nah, kebiasaan apa sajakah yang perlu dihindari untuk mencegah jerawat tambah parah?

1. Menggunakan produk anti jerawat hanya saat berjerawat saja

Mungkin kalian sering mendengar beberapa teman yang mengeluh kembali berjerawat ketika berhenti menggunakan produk tertentu atau mulai malas-malasan menggunakan skincare yang sebelumnya sudah cocok. Sebenarnya itu sepenuhnya bukan salah produknya. Pasalnya, berjerawat atau tidak kita wajib menjaga kesehatan kulit kita.

Sayangnya, beberapa dari kita rajin perawatan muka hanya saat sedang ada masalah kulit saja, ketika sudah mendingan malah kembali cuek sampai akhirnya tumbuh jerawat lagi. Kebiasaan ini jangan dicontoh ya. Lebih baik mencegah daripada mengobati kan.

2. Membersihkan wajah ala kadarnya

Setiap hari wajah kita terpapar debu dan polusi penyebab minyak. Jika tidak dibersihkan sampai betul-betul bersih, kotoran dan juga sisa-sisa make up di wajah akan menyumbat pori-pori dan ujung-ujungnya mengakibatkan jerawat.

Percuma menggunakan krim mahal jika membersihkan wajah saja malas-malasan. Tidak cukup hanya dibilas dengan sabun pencuci muka, cobalah melakukan double cleansing agar lebih maksimal.

3. Menggunakan Hair Care atau Hair Product yang mempengaruhi kulit wajah

Mungkin masih ada di antara kita yang bertanya-tanya apa sih hubungannya antara hair care dan wajah berjerawat?

Tanpa sadar kita menggunakan serangkaian hair care seperti conditioner, vitamin rambut, hair tonic, sampai parfum rambut yang justru mengenai kulit wajah dan menyebabkan iritasi atau alergi. Penggunaan vitamin rambut juga akan membuat rambut lebih mudah berminyak sehingga mempengaruhi kulit wajah yang jadinya gampang juga berminyak. Rambut dan wajah berminyak pun akan lebih gampang mengikat debu dan kotoran penyebab timbulnya jerawat. So, bukan cuma produk untuk wajah yang perlu kamu perhatikan, produk untuk rambut juga.

4. Mengangkat telpon tanpa menggunakan headset

Nah, satu lagi kebiasaan yang sering kita lakukan tanpa sadar justru membuat jerawat tambah parah.

HP adalah bagian dari hidup kita yang tidak bisa dipisahkan. Berapa banyak dari kita yang mengecek notifikasi setiap beberapa detik sekali atau bahkan tidak pernah berhenti menggunakan HP kecuali saat tidur, bahkan ke toilet pun juga membawa HP. Bayangkan betapa kotornya benda yang satu ini. Terlebih telpon genggam bersifat hangat sehingga memperbolehkan bakteri berkembang biak. Sebaiknya gunakan headset ketika mengangkat telpon agar tidak menyentuh kulit wajah secara langsung.

Pasti sering kan melakukan kebiasaan di atas?

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)