fbpx
Pasang iklan

3 Tips Menganut Gaya Hidup Minimalis untuk Pemula

Gema – Salah satu gaya hidup yang sedang trend adalah gaya hidup minimalis. Gaya hidup yang pertama trend di jepang ini menganut filosofi ‘Less is more’ yang berfokus pada kebutuhan bukan keinginan. Nah, untuk kamu yang tertarik mempraktekkan gaya hidup ini, berikut tipsnya:

1. Perhatikan barang yang sudah tidak kamu pakai selama 90 hari

Coba deh kamu perhatikan sekelilingmu. Pasti banyak sekali benda yang tidak terlalu diperlukan bahkan tidak pernah digunakan tapi tetap disimpan dan membuat rumah terlihat penuh. Misalnya perabot makan atau peralatan rumah tangga.

Kita orang Indonesia sangat suka mengoleksi barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan seperti piring cantik yang beraneka ragam bahkan koleksi tupperware yang sebenarnya hanya disimpan sebagai pajangan.

Coba deh, kamu luangkan waktu untuk melihat barang-barang yang ada di kamar atau rumahmu. Jika barang tersebut tidak pernah terpakai selama 90 hari, maka sebaiknya kamu buang, jual atau donasikan jika masih layak.

Jika metode ini terlalu sulit, mulailah dengan hal sederhana seperti melihat suvenir pernikahan yang mungkin kamu koleksi. Biasanya ada diantara kita termasuk saya yang mengoleksi suvenir seperti pembuka botol, kipas, bahkan gantungan kunci yang sebenarnya tidak kamu butuhkan dan hanya membuat full laci penyimpananmu. Toh untuk apa menyimpan barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan.

2. Bukan berarti tidak boleh punya barang mahal

Minimalis bukan berarti hidup sangat sederhana sehingga tidak boleh memiliki barang mahal. Inti dari hidup minimalis adalah menjaga barang yang memiliki nilai tertentu atau sangat dibutuhkan dan say goodbye sama barang yang tidak lagi dibutuhkan.

Misalnya membeli sebuah tas dengan harga yang fantastis, tidaklah salah asalkan digunakan setiap hari dibanding memiliki beberapa tas yang ujung-ujungnya tidak pernah kamu pakai karena hanya suka sama satu tas saja.

If it gives sparks and joy, then keep. If it’s not, say goodbye!

Kalau ternyata memiliki satu barang mahal membuat kamu senang, it’s okay to keep it asalkan kamu betul-betul membutuhkan barang tersebut bukan hanya untuk menjaga gengsi atau status sosial semata.

3. Bongkar lemari dan bersihkan, pilih yang bisa kamu keep dan yang sudah saatnya goodbye

Pernah nggak sih kalian ingin keluar hang out bersama teman atau acara keluarga tapi selalu merasa tidak punya baju untuk dipakai? Padahal ada banyak sekali baju di lemari. Biasanya sih cewek ya yang suka kayak gini.

Nah, tips ketiga ini akan sangat membantu. Mengeluarkan semua baju dari dalam lemari dan menyusun ulang serta mensortir mana yang bisa di simpan dan mana yang sebaiknya dijual atau didonasikan adalah salah satu cara untuk melihat koleksi baju yang kamu punya.

Perasaan ‘tidak memiliki baju’ saat ada pesta atau sekedar jalan-jalan juga disebabkan karena kamu lupa dengan semua koleksi baju yang kamu pakai dan hanya mengingat baju yang sering dipakai saja. Apalagi jika lemarimu berantakan, terlalu banyak baju yang saling bertumpuk akan membuatmu susah memilih baju yang tepat sehingga rasanya tidak punya baju yang cocok.

Nah itu dia 3 tips sederhana yang bisa kamu praktekkan jika ingin memulai gaya hidup minimalis.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)