fbpx
Pasang iklan

21 Tempat Wisata di Kabupaten Bone Yang Wajib Anda Kunjungi

Gema – Wisata Hai travelers sejati! Buat kamu yang sedang berkunjung ke Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan maka tidak ada salahnya kalian berkunjung ke tempat-tempat wisata di tanah Bugis ini yah.

Di Bone sendiri ada beragam tempat wisata lho. Mulai dari wisata budaya, religi, alam dan adat istiadat yang sangat kental.

Tempat Wisata di Bone

Buat kalian yang memang gemar berwisata atau ingin mencari tempat wisata untuk berlibur dengan pasangan tercinta, keluarga, dan sahabat, maka 21 (Dua puluh satu) tempat wisata di Bone ini wajib kalian kunjungi lho. Apalagi lokasi dan tempat wisatanya sangat menarik dan sayang jika dilewatkan.

Mau tahu tempat wisata di Bone dan lokasinya? Berikut penjelasan singkatnya.

1. TANJUNG PALLETTE

Tanjung Pallette merupakan lokasi wisata terfavorit di Bone. Jika kalian bertanya pada masayarakat setempat, maka hampir 90% pasti mengetahuinya.

Wisatawan yang datang ke Tanjung Palette tidak hanya disuguhi pemandangan laut. Tapi udaranya juga sangat segar. Apalagi pepohonan di daerah tersebut masih sangat terjaga dengan baik.

Jika kalian sudah puas dengan pemandangan laut, kalian juga bisa berenang di water park atau waterboom yang berada di lokasi yang sama.

Wisata Bone Water Boom Tanjung Palette Manis Cewek Hijab manis Ketat basah
Water Tanjung Pallette – Photo by @renisaptaapriani

~ Lokasi: Tanjung Pallette terletak di Kelurahan Palette, Kecamatan Tanete Riattang Timur, Kab. Bone. Jarak dari pusat kota ke lokasi hanya berkisar 10 km  dan membutuhkan waktu sekitar 15 – 20 menit saja.

Penginapan: Wisatawan lokal atau mancanegara yang ingin bermalam, tidak usah ragu yah. Karena di Tanjung Pallette ada banyak penginapan dan villa yang disewakan. Tarifnya pun cukup beragam. Mulai dari harga 150 ribu – 300 ribu permalam.

2. BOLA SOBA Saoraja Petta Ponggawae

Wisatawan yang gemar dengan budaya dan sejarah, tak ada salahnya berkunjung ke Bola Soba.

Bola soba sendiri jika diartikan dalam Bahasa Indonesia, berarti rumah sahabat atau tepatnya rumah persahabatan. Bangunan bersejarah ini merupakan peninggalan dari zaman raja-raja Bone terdahulu dan masih terjaga hingga kini.

Bola Soba Wisata Bone cewek Cantik dan indah
Bola Soba – Photo By @yankurophotography

~ Lokasi: Bola Soba berlokasi di Jln Latenritatta dan Sukawati, Kota Watampone.

~ Kondisi Bangunan: Panjang: 39,45 meter. Terdapat empat bagian utama, yakni lego-lego (teras), rumah induk, lari-larian (selasar penghubung rumah induk dengan bagian belakang), dan bagian belakang yang digunakan sebagai dapur atau tempat memasak.

3. AIR TERJUN LADENRING

La Denring berarti ‘si Dinding’. Disebut demikian oleh warga setempat sebab bentuknya mirip dinding tinggi nan lebar. Ari Terjun terbilang cukup tersembunyi dan masih perawan.

Air Terjun Ladenreng Bone celana jenas dan manis
Air Terjun Ladenreng – Photo by @fhyrahhhhrrr

~ Lokasi: Air Terjun Ladenring terletak di Desa Barugae, Kecamatan Lamuru. Untuk mencapai lokasi, wisatawan bisa menempuh dua jalur yang berbeda.

Jalur pertama melalui Desa Barugae sendiri. Travelers harus berjalan kaki dengan jarak 1,5 km dari tempat penitipan kendaraan.

Jalur kedua melalui Kecamatan Citta,  Kabupaten Soppeng, yang berbatasan langsung dengan Bone. Walau fasilitas masih minim, namun jika pengunjung telah sampai dilokasi, maka siap-siaplah merasakan sensasi dan keseruan panoramanya.

4. TELAPAK KAKI ARUNG PALAKKA

Tapak kaki Raja Bone ini lebih dikenal dengan ATTUDDUKENG (Bekas hentakkan kaki atau tumit).

Bekas tapak kaki tersebut terlihat jelas di atas lempengan batu. Namun, lubang yang berukuran 38 cm hanya bisa terlihat saat air laut sedang surut, mengingat tempatnya tepat di pinggir laut.

Lokasi: Tapak kaki Arung Palakka terletak di Desa Mallari, Kecamatan Awangpone. Lokasi tersebut berbatasan langsung dengan Tanjung Pallette. Sementara di bagian utara terdapat Bukit Cempalagi.

5. PUNCAK LIMA JARI

Puncak lima jari merupakan nama lain dari Petta Makkita Walie. Disebut demikian karena di lokasi tersebut ada makam leluhur suci sekaligus tokoh masyarakat setempat yang bergelar Petta Makkita Walie.

Wisata Bone Puncak Lima JAri dari ketinggian
Puncak Lima Jari – Photo by @aidaaahnurfaizah

~ Lokasi: Puncak Lima Jari berlokasi di Desa Pattimpa, Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone. Atau berjarak sekitar 50 km dari kota Watampone.

~ Biaya Parkir: Karena banyaknya pengunjung dan antisipasi keamanan, setiap pengunjung dikenakan biaya parkir dan biaya kebersihan sebesar Rp 2.000/motor dan Rp 5.000/mobil.

6. PERMANDIAN PUTRI BILQIS

Pemandian tersebut merupakan tempat wisata yang cukup dikenal di Bone. Ada banyak jenis kolam yang disediakan. Ada untuk orang dewasa hingga anak usia dini.

Cewek manis basah di Permandian air Putri Bilqis Bone
Permandian Putri Bilqis – Photo by @alskrmn

~ Harga Tiket: Tempat ini selalu ramai saat weekday atau pun saat weekend. Namun, ada perbedaan harga tiket masuk saat masuk lokasi permandian. Untuk weekday, harga tiket yakni Rp 10 ribu. Sementara untuk weekend, harga tiket sebesar Rp15 ribu.

~ Lokasi: Pemandian Umum Putri Bilqis terletak di Desa Kalibong, Kecamatan Sibulue, Kalibong, Desa Sibulue, Kabupaten Bone, Sulsel. Berjarak sekitar 15 km dari kota Watampone.

7. PUNCAK PADEL (Pada Elo)

Puncak Padel merupakan destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan jika berkunjung ke Bone. Apalagi objek wisata yang satu ini menyajikan pemandangan alam, pepohonan hijau, pegunungan tinggi nan indah, serta udara yang sejuk.

Cewek manis Seksi di Puncak Pada Elo Bone wisata bone
Puncak Padel (Pada Elo) – Photo by @nurullutfiahh.s

~ Lokasi: Puncak Padel terletak di Desa Pattimpa Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone. Berjarak 45 km dari Kota Watampone.

~ Gratis: Nah, yang spesial dari tempat wisata puncak Padel ini yakni pengunjung atau travelers tidak dikenai biaya sepeser pun alias gratis. Jadi tunggu apalagi!

8. MUSEUM LAPAWOWOI

Museum satu ini merupakan objek wisata sejarah dan kebudayaan yang tidak boleh sia-sia jika berwisata ke Bone.

Apalagi di Museum ini travelers disuguhkan dengan berbagai benda-benda peninggalan kerajaan Bone. Jika kalian ditemani seorang pemandu wisata lokal maka referensi dan wawasan Anda terkait sejarah kerajaan Bone dijamin pasti akan bertambah deh.

Peninggalan Raja Arung Palakka seperti keris, tombak, patung, pakaian para raja, pakaian adat, potongan rambut, serta foto-foto silsilah keturunan raja-raja Bone masih lengkap lho di mesum ini.

Museum La Papawowoi Wisata Bone
Museum La Pawowoi – Photo by @riris_adv

~ Lokasi: Meseum Lapawowoi berlokasi di Jalan MH Tamrin, Kec. Tanete Riattang. Atau tepatnya di samping Taman Bunga (Lapangan Merdeka) Watampone.

9. PASIR PUTIH

Pantai ini juga dikenal dengan nama Pantai Tete. Bukan hanya namanya yang menggoda, namun pasir di pantai yang satu ini memang benar-benar bersih dan putih. Untuk sekedar berfoto atau selfie bareng pasangan dijamin wisatawan dan pengunjung tidak bakalan kecewa deh.

Pantai Pasir Putih Wisaya Pantai PAsir putih Bone
Pantai Pasir Putih – Photo by @vikhaagustriani

~ Harga Tiket: Pengunjung yang ingin masuk di lokasi pantai ini bakal dikenakan biaya sebesar Rp 25 ribu untuk mobil. Sementara yang memakai sepeda motor dikenai biaya sebesar Rp 10 ribu.

~ Lokasi: Pantai ini berada di Kecamatan Tonra, Kab Bone. Dengan jarak sekitar 55 km dari kota Watampone. Namun tidak perlu khawatir, soalnya jalan menuju lokasi terbilang bagus kok.

10. PUNCAK GOA KELLING

Travelers sejati pasti suka dengan objek wisata yang satu ini. Pasalnya, di tempat ini terdapat Goa yang berbentuk terowongan dan unik. Nah, pengunjung yang ingin sampai di puncak gunung, mesti melewati goa ini dulu yah.

Setelah sampai dipuncak, maka siap-siaplah dibuat terpesona dengan panorama alam terbuka. Hamparan persawahan, laut, dan gunung bisa dinikmati dengan mata telanjang.

Puncak Kelling di Bone cewek manis Gaun indah Hijab
Puncak Kelling – Photo by @heraaaaaaaaaaaaaaa

~ Lokasi: Puncak Goa Kelling berada di Dusun Kelling, Desa Ajang Pulu, Kecamatan Cina. Untuk sampai di lokasi, pengunjung bisa berjalan kaki sepanjang 350 meter dari jalan raya. Sementara jarak Desa dari Kota Watampone sekitar 10 km.

11. PUNCAK BATTOA

Bagi wisatawan yang gemar mendekati atau hiking ke puncak gunung, puncak Battoa mungkin bisa menjadi alternatif objek wisata jika berkunjung di Bone.

Untuk mencapai puncak gunung, wisatawan mesti berjalan kaki hingga ratusan meter. Namun, jika sudah sampai ke puncak maka kalian akan mendapatkan spot-spot yang menarik dengan background alam terbuka dan pegunungan yang segar dipandang mata. 

Puncak Battoa Bone wisata indah di Gunung cewek manis
Puncak Battoa – Photo by @aidafitrialbanjar

~ Lokasi: Puncak Battoa terletak di Desa Cingkang, Kecamatan Barebbo, Kabupaten Bone. Lokasi tersebut berjarak sekitar 40 km dari pusat kota Watampone.

12. SALO MERUNGNGE

Salo Merungnge jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti sungai yang berdesir kencang. Sungai ini sendiri merupakan pemisah dua desa yakni Desa Ureng dan Desa Pasempe.

Di lokasi wisata ini, juga terdapat dua gua di dua sungai berbeda. Yakni Salo Merungge dan Salo Lacang Pawie.

Wisata Salo Merungnge cewek manis Sungai
Wisata Salo Merungnge

~ Lokasi: Salo Merungnge terletak di Desa Ureng, Kecamatan Palakka. Salo Merungnge berjarak 20 km dari pusat kota Watampone. Namun sayangnya, lokasi wisata tersebut telah ditutup sementara pasca terjadinya insiden dan korban tewas akibat meluapnya sungai tersebut.

13. GOA MAMPU

Lokasi wisata yang satu ini sudah dikenal sejak puluhan tahun yang lalu. Goa mampu sendiri memiliki sejarah yang bisa menggugah jiwa. Pasalnya, terdapat kisah pilu dari tempat tersebut.

Menurut cerita warga dan bahkan diajarkan di bangku sekolah dasar, Goa mampu konon dulunya merupakan kampung dengan masyarakat yang hidup damai. Namun, karena adanya kelalaian, raja yang memerintah saat itu kemudian mengutuk semua warganya menjadi batu. 

Goa Mampu Indah dan eksotis wisata bone
Goa Mampu – Photo by @zahra.wanii

~ Lokasi: Bagi wisatawan yang ingin belajar dan menikmati suasana dalam goa bisa datang langsung ke Desa Cabbeng, Kecamatan Dua Boccoe, Kabupaten Bone. Goa Mampu sendiri berjarak sekitar 40 km dari Kota Watampone.

14. AIR TERJUN LAMASUA

Air terjun yang satu ini terbilang baru buat wisatawan lokal. Apalagi tempat wisata ini masih jarang dieksplorasi karena akses menuju lokasi cukup menantang.

Namun jika sudah sampai di lokasi, pengunjung akan disuguhkan air terjun yang bertingkat-tingkat. Bahkan di tingkatan paling atas, travelers bisa melihat air yang jatuh secara bercabang-cabang.

Cewek Wisata Bone air tejun Lamasua
Air Terjun Lamasua – Photo by @upi_ismail

~ Lokasi: Lokasi air terjun Lamasua berjarak 40 km dari kota Pangkep yang berbatasan langsung dengan desa Bontomasunggu, Kecamatan Tellu Limpoe, Bone.

15. TAMAN ARUNG PALAKKA

Tempat wisata yang berada di tengah di pusat kota ini bersebelahan dengan alun-alun kota Watampone.

Tempat ini dulunya bernama Taman Bunga, namun pasca direnovasi oleh pemerintah setempat, akhirnya bisa tampak lebih menarik. Sebab di sekeliling Patung Raja Bone, Arung Palakka terdapat air mancur dengan lampu yang berwarna warni. Bagi penjungung, lokasi ini sangat cocok dijadikan spot untuk foto atau selfie bareng pasangan.

Wisata Bone Cewek hijab manis dan seksi
Taman Arung Palakka – Photo by @pratiwi_yusuf

~ Lokasi: Taman Arung Palakka berada di Jl. Raya Merdeka, Kelurahan Manurunge, Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Dan lokasinya tepat waktu berada di depan Rumah Jabatan Bupati Bone.

16. PULAU TANGKULARA

Wisatawan yang gemar dengan nuangsa pantai, Pulau Tangkulara bisa jadi favorite buat kalian. Apalagi pulau ini terletak di perairan Teluk Bone. 

Daya tarik pulau ini yakni hamparan pasir putih yang berbentuk pulau. Selain itu, disekelilingnya terdapat vegetasi terumbu karang, biota laut, dan ikan yang menggoda mata.

~ Lokasi: Pantai Tangkulara terletak di Kecamatan Tanete Riattang Timur. Berjarak sekitar satu mil dari Pelabuhan Bajoe. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke sana, dapat menyewa perahu nelayan.

Hanya butuh sekitar 15 menit untuk sampai di lokasi. Hanya saja, Pulau Tangkulara baru terlihat jika air laut sedang surut. Jadi Anda disarankan untuk datang sekitar sekitar pukul 11.00 – 14.00 Wita.

17. PELABUHAN BAJOE

Tempat wisata di Bone ini termasuk destinasi yang tidak boleh disia-siakan. Apalagi buat wisatawan yang suka dengan matahari terbit atau sunrise. Di Pelabuhan Bajoe, pengunjung akan disuguhkan pula dengan panorama laut yang luas.

Di samping aktivitasi dermaga yang tidak terlalu pada, kalian bisa dengan mudah mengambil pose dengan backgroud kapal laut yang besar.

~ Tiket Masuk: Jika kalian masuk ke lokasi dermaga pada pagi hari atau pasca subuh, maka kemungkinan kalian bisa masuk secara gratis. Tapi jika masih ada petugas di gerbang masuk, maka kalian akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5 ribu untuk kendaraan bermotor. Untuk mobil lebih bervariasi.

~ Lokasi: Pelabuhan Bajoe terletak di Kelurahan Bajoe, Kec. Tanete Rittang Timur. Jarak menuju lokasi berkisar 8 km dari pusat Kota Watampone.

18. PERMANDIAN ALAM LANCA

Buat wisatawan yang senang dengan aktivitas renang dengan nuansa alam yang sejuk, tempat permandian Alam Lanca sangat cocok dijadikan pilihan utama.

Di tempat kalian akan disuguhkan kolam renang yang luas dan berdekatan langsung sumber airnya. Airnya yang jernih diyakini bisa membuat tubuh kembali segar.

~ Lokasi: Permandian Alam Lanca di Desa Lanca, Kecamatan Tellu Siattinge. Adapun jarak menuju lokasi sekitar 20 km dari kota Watampone. Namun jangan khawatir, karena jalan masuk sampai ke lokasi sangat mulus dan rapi.

19. PANTAI CAPPA UJUNG

Jangan salah yah travelers, untuk menikmati wisata laut di Bone tidak hanya ada Pallette atau Pelabuhan Bajoe saja lho. Tapi Cappa Ujung tak kalah menarik juga lho untuk dikunjungi.

Apalagi di tempat ini, kalian bisa menyewa perahu nelayan seharga Rp 50 ribu untuk menikmati pemandangan terumbu karang yang menakjubkan. Kalian juga bisa memancing di lokasi dermaga.

CEwek Igo toge manis dan seksi di Wisata Bone Pelabuhan Bajoe
Pelabuhan Bajoe – Photo by @rhiyaaaa_

~ Lokasi: Pantai Cappa Ujung terletak di Desa Cappa Ujung, Kecamatan Sibulue. Jarak menuju lokasi sekitar 20 km dari Kota Watampone.

20. AIR TERJUN BARUTTUNGE

Air terjun yang satu ini memiliki ketinggian 100 meter. Selain itu, di tempat wisata ini juga dilengkapi sebuah kolam renang. Luasnya sekitar 10 meter dengan kedalaman sekitar 1 – 4 meter. 

Air terjun ini merupakan unjung dari Sungai Tangka. Sungai ini sekaligus menjadi pembatas antara wilayah Bone  dengan Sinjai. 

Air Terjun Baruttung Wisata Bone
Air Terjun Baruttung – Photo by @hao_noah

~ Lokasi: Air terjun Baruttunge terletak di Dusun Pao, Desa Bana, Kecamatan Bontocani. Jarak lokasi sekitar 10 km dari pusat Kota Bontocani.

21. KOLAM RENANG WAE Manurungnge

Objek Wisata yang terakhir ini bisa juga lho dijadikan alternatif jika ingin berwisata air di Kabupaten Bone.

Kolam renang ini sudah dilengkapi dengan waterboom, sehingga sangat cocok dikunjungi saat akhir pekan.

~ Harga Tiket: Tak perlu khawatir yah, soal harga tiket masuk masih cukup murah. Untuk dewasa dikenakan biaya sebesar Rp 15 ribu. Dan untuk pelajar atau anak-anak hanya Rp 10 ribu.

~ Lokasi: Kolam renang Wae Manurungnge berada di Kompleks Stadion Lapatau, Jl Kompleks Stadion, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Watampone. Lokasi tak jauh dari Kantor DPRD Kabupaten Bone.

Semoga informasi ini bermanfaat buat kalian yah travelers.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)