fbpx

5 Cara Ampuh Mengubah Stres Menjadi Motivasi

Gema – Terlalu banyak tuntutan, target yang tak kunjung dicapai, belum lagi komentar negatif netizen maha benar bisa menjadi pemicu stres. Tidak perlu dihindari, kita semua tahu stres adalah bagian kehidupan yang dialami semua orang, bukan cuma kamu.

Stress kadang membuat otak buntu dan mengundang banyak pikiran negatif. Bukannya menyelesaikan masalah, malah membuatnya tambah rumit. Tapi dengan strategi khusus, kamu bisa mengubah stress menjadi motivasi yang sangat efektif.

1. Tidak melulu negatif, stres dapat membantu kita berpikir

Tidak semua stres itu buruk. Diselingkuhi pacar misalnya, membuat galau dan pusing tujuh keliling dan itu normal. Stres adalah reaksi yang alami terhadap konflik yang dihadapi. Setelah diselingkuhi, kamu akan mulai dipenuhi pertanyaan kenapa ya dia selingkuh? apakah selingkuhan dia lebih baik?

Pada akhirnya, stress akan menuntunmu pada solusi dengan tekad untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik agar si dia menyesal. Ya kan?

2. Stres dapat membuatmu menjadi pribadi yang lebih kuat dan percaya diri, manfaatkan itu!

Stres adalah pemicu agar kamu keluar dari zona nyaman. Ketika berurusan dengan masalah, kamu bisa belajar cara mengatasinya dan lambat laun menjadikanmu pribadi yang lebih kuat.

Tidak ada cara yang lebih baik mencapai sukses tanpa melalui ketegangan dan stres akibat tuntutan situasi. Ketika kamu mempelajari strategi untuk bekerja melalui situasi yang penuh tekanan, kamu juga mendapatkan kepercayaan diri dan pemahaman yang lebih dalam tentang dirimu sendiri.

3. Kenali batasmu dan berani katakan tidak!

Stres di masa lalu dapat menjadi pengingat agar kamu tahu kapan mengatakan tidak pada setiap komitmen. Tentu saja, ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, karena tidak ada yang senang mengatakan tidak. Sebagian besar dari kita suka berpikir bahwa kita dapat menyesuaikan semuanya, melakukan segalanya dan kemudian di kemudian hari sadar akan ketidakmampuan kita menyelesaikannya.

Know your limits. Jangan sampai karena ingin menyenangkan hati orang lain, kamu justru membuat dirimu sendiri menderita.

4. Memahami bahwa stres adalah tanda perubahan dan pintu menuju solusi

Stres bisa datang dari mana saja. Tugas yang menumpuk, tuntutan orang tua, karir yang mandek, sampai hubungan percintaan. Pada intinya, stres adalah pertanda. Sinyal yang diberikan otak untuk berubah.

Cobalah memahami bahwa stres yang saat ini kamu alami adalah tahap awal untuk mulai mengubah hidupmu menjadi lebih baik. Stres akan membuatmu lebih gampang menerima perubahan menuju solusi yang selama ini kamu cari. Coba pikirkan lagi, berapa banyak prestasi yang sudah kamu raih akibat stres akut di masa lalu. Nilai yang sempurna saat ujian tidak didapatkan segampang membalikkan telapak tangan melainkan begadang semalaman menghapalkan materi, bukan?

5. Menipu stres dengan liburan

Strategi terakhir ini mungkin akan menjadi strategi favoritmu. Yas, liburan!

Stres yang berlangsung selama periode waktu yang lama dapat membuatmu cemas berlebih, insomnia, tekanan darah tinggi bahkan mengundang penyakit lainnya akibat lemahnya daya tahan tubuh. Jika sudah begitu, tidak perlu susah-susah mengerjakan deadlinemu. Sekeras apapun kamu berusaha, justru akan menuntunmu pada kegagalan dan semakin larut dalam depresi.

Tahu bahwa sudah saatnya kamu berhenti sejenak, mengambil hari libur untuk mendinginkan kepala. Liburan juga dapat membantumu memperoleh inspirasi yang bisa kamu manfaatkan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Nah, itu dia 5 strategi ampuh untuk mengubah stres menjadi motivasi yang justru menguntungkanmu.

Beri tanggapan