fbpx

Alumni UI Deklarasi Dukung Jokowi di Pilpres, UI: Kami Netral

Gema, Jakarta – Kelompok alumni dari kampus Universitas Indonesia (UI) mendeklarsikan diri mendukung Joko Widodo – Ma’ruf Amin di Pilpres 2019. Hal tersebut kemudian ditanggapi oleh internal kampus UI.

“UI netral, UI tidak berpolitik praktis, namanya individu-individu ya terserah, itu pilihan masing-masing bukan atas nama UI,” ujar Kepala Humas dan Keterbukaan Informasi Publik UI, Rifelly Dewi Astuti dalam keterangan tertulis, Minggu, 13 Januari 2019.

Rifelly menilai tidak ada pelanggaran mengenai acara deklarasi tersebut. Karena melihat sejumlah orang yang mengklaim alumni UI tidak mengenakan jas almamater kampus, lambang kampus serta mengatasnamakan Ikatan Alumni UI.

“Sejauh ini, kami tidak melihat adanya logo UI sama sekali. Tidak ada jaket kuning berlogo UI. Intinya, tidak boleh menggunakan logo UI, tidak menggunkan nama institusi dalam artian UI sebagai institusi resmi atau Iluni UI,” imbuhnya.

Acara deklarasi tersebut digelar di GBK, Senayan, Jakarta (12/1). Kabid Milenial Alumni UI, Muhammad Pradana Indra Putra mengaku dukungan kelompoknya kepada capres petahana itu memiliki alasan yang cukup kuat.

“Jokowi bukan tipikal orang yang omong doang, rencana doang. Jokowi itu man of action. Jokowi melakukan semuanya untuk semuanya. Sesimpel itu alasan kita,” kata Pradana.

Pradana juga mengatakan Jokowi merupakan sosok pemimpin negara yang beda dengan pemimpin sebelumnya. Dia mengambil contoh proyek MRT dan Freeport.

“MRT yang sudah terencana dari tahun 90-an, enggak pernah tereksekusi. Baru tereksekusi sama Jokowi. Freeport sejak dulu katanya divestasi, tapi enggak pernah kejadian. Baru zaman jokowi baru terjadi,” ujarnya.

Pradana menilai Jokowi merupakan tipikal pempimpin yang cocok dipilih kembali oleh kalangan milenial, melihat visi-misi Jokowi-Ma’ruf yang sangat men-support kegiatan milenial yang dinilai sangat kreatif di jaman sekarang. Alasan lainnya ialah melihat Jokowi datang ke acara deklarasi menggunakan sepeda.

“Visi Jokowi cocok banget dengan anak muda. Dia support banget start up, ekonomi kreatif, support public transportation, kebersihan dan tata kota. Bisa dilihat kan tadi beliau datang ke panggung naik sepeda. Itu menandakan beliau tipikal orang enerjik dan berjiwa muda,” imbuhnya.

Beri tanggapan