fbpx

Wawancara Sama Halnya Dengan Bertemu Gebetan, Hindari 5 Kesalahan ini Kalau Kamu Ingin Lanjut Ke Tahap Berikutnya!

Gema – Wawancara kerja bagi sebagian orang seperti bertemu gebetan. Rasa nervous dan senang itu pasti, tapi tak jarang juga ada yang khawatir berlebihan. Selain harus menghadapi HRD bermuka serius, kamu juga akan dihadapkan pada pertanyaan-pertanyaan jebakan. Wah, harus hati-hati dalam menjawab ya! Selain mempersiapkan diri menjawab pertanyaan, 5 hal berikut ini perlu kamu perhatikan. Banyak job seeker yang akhirnya gagal karena melakukan hal-hal berikut lho!

1. Menghadiri wawancara tanpa persiapan

Bagi fresh graduate, wawancara kerja pertama memang ‘sesuatu’ ya. Ada yang pusing tujuh keliling mempersiapkan ini itu, namun tak jarang juga yang kelewat santai, mengharapkan keberuntungan karena hanya sekedar coba-coba dan cari pengalaman. Jangankan mencari tahu visi dan misi perusahaan, posisi yang dilamar saja masih bingung job desknya apa. Gimana mau diterima kerja?

2. Terlalu gugup sampai tidak bisa tidur, akibatnya kamu datang terlambat dan memberikan kesan tidak profesional!

Wawancara kerja sama halnya bertemu gebetan, bikin deg-degan sampai tidak bisa tidur. Bukannya tampil fresh dan memberikan kesan yang menyenangkan, telat bangun akibat begadang justru membuat wajahmu kusut, terlihat acak-acakan dan mati semangat. Padahal kamu seharusnya memberikan performa semaksimal mungkin agar bisa dilirik kan.

3. Terlalu banyak menggunakan kata ‘Hmm’ dan ‘ehh..’ saat menjawab pertanyaan pewawancara

‘Hmm’ dan ‘ehh..’ adalah kata yang paling sering digunakan ketika sedang memikirkan sesuatu, bisa juga berarti “saya tidak tahu jawabannya, tolong beri saya waktu mengarang”. Penggunaan dua kata ini akan membuatmu terlihat tidak percaya diri dan kurang persiapan. Kalau yang lainnya bisa menjawab dengan luwes, masa iya kamu yang tergagap akan dipertimbangkan?

4. Simpan HP-mu dan jangan lupa di silent, kalau perlu di non-aktifkan!

Siapa sih yang senang bertemu dengan gebetan yang hanya sibuk dengan HPnya? Sama halnya dengan pewawancara, tentu tidak akan senang jika kamu disibukkan dengan HPmu yang tiba-tiba berbunyi ditengah wawancara. Apalagi kalau kamu menggunakan ringtone yang aneh. Hal ini akan membuatmu terlihat tidak serius dalam mendapatkan pekerjaan tersebut. Ada baiknya dinon-aktifkan saja agar tidak mengganggu proses interviewmu.

5. Sibuk menghapal jawaban saat wawancara, kamu jadi tidak memperhatikan penampilanmu

Kalau kamu penganut ‘Yang penting itu otak, penampilan nomor dua!’, sebaiknya prinsip ini kamu kesampingkan dulu saat ketemu gebetan, eh maksud saya saat wawancara. Tidak harus berpakaian mahal dan make up menor, berpakaian rapi dan sopan saja cukup. Penampilan yang rapi akan menarik orang lain untuk mengenalmu lebih jauh. Selain menunjukkan sikap professional kepada HRD, penampilan juga bisa meningkatkan kepercayaan diri dan menciptakan mood yang baik sehingga kamu bisa rilex dalam menjawab pertanyaan saat wawancara. First impression itu perlu!

Nah, sudah tahu kan 5 hal yang harus dihindari ketika ingin wawancara kerja.

Beri tanggapan