fbpx

Soal Salam Dua Jari Anies, Sandi: Silakan Masyarakat Menilai

GEMA, Cirebon – Cawapres nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno tak ingin berspekulasi soal polemik salam dua jari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Menurut Sandi, masyarakat bisa menilai tentang salam dua jari tersebut.

“Silakan masyarakat yang menilai. Yang terpenting Pak Anies mendoakan kami. Pak Anies hadir sebagai bentuk terima kasihnya atas dukungan yang sudah diberikan,” kata Sandi usai meresmikan rumah juang pemenangan Prabowo-Sandi di Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, pada Selasa, 18 Desember 2018.

Sandi menceritakan saat hadir dalam konferensi nasional, Anies memaparkan tentang keberhasilannya selama satu tahun menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

“Pak Anies melaporkan tentang angka pengangguran menurun, harga terjangkau. Prestasi itu tak lepas dari perjuangan bersama” kata Sandi.

Apa yang sampaikan Anies saat konferensi nasional itu, diharapkan Sandi bisa terjadi di Indonesia. Terlebih lagi, menurut Sandi, saat ini masyarakat menginginkan ekonomi Indonesia bisa lebih baik.

“Perubahan-perubahan yang dilaporkan Pak Anies itu diharapkan bisa terjadi di Indonesia. Harapannya lapangan kerja bisa tercipta dan biaya hidup lebih terjangkau,” ujarnya.

Dikabarkan, saat ini Bawaslu RI tengah mengkaji apakah ada unsur pelanggaran pemilu atas salam yang dilakukan Anies saat menghadiri Konferensi Nasional Partai Gerindra.

Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Fritz Edward Siregar mengatakan pose dua jari Anies bisa saja menjadi temuan pelanggaran pemilu. Hal itu, kata dia, terkait dengan dugaan pelanggaran pejabat yang melakukan tindakan menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon.

“Saya belum melihat video dan gambarnya, tapi kan harus dapat jadi temuan. Jadi bisa saja nanti ada yang melaporkan, otomatis Bawaslu DKI akan melakukan pengkajian,” kata Fritz di kantor Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan, Jakarta, pada Selasa, 18 Desember 2018.

Anies Baswedan sebelumya mengacungkan dua jari, yakni ibu jari dan jari telunjuknya saat menghadiri Konferensi Nasional Partai Gerindra. Gaya dua jari yang identik dengan pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga itu diacungkan Anies saat akan menyampaikan sambutan di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Senin, 17 Desember 2018.

Beri tanggapan