fbpx

Selain Namanya yang Unik, Air Terjun Ketemu Jodoh Menyimpan Banyak Keindahan

(Gema – Wisata)  Sulsel salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki beragam potensi wisata. Salah satunya yang paling banyak dikunjungi, yakni Kabupaten Gowa yang daerahnya didominasi kawasan pegunungan.

Di daerah pegunungan yang bernama Malino, sebuah air terjun bertengger indah. Tepatnya di Bulutana, Lingkungan Bonto Te’ne. Oleh warga sekitar, air terjun itu diberi nama Air Terjun Ketemu Jodoh.

Meski jarak tempuh dari Kota Makassar ke lokasi Air Terjun Ketemu Jodoh terbilang sangat jauh, yakni berkisar 90 km, keindahannya bakal membayar lunas rasa lelah di perjalanan.

Karena derasnya, percikan air terjun yang jatuh dari ketinggian itu seakan memberi sensasi pijatan ketika mengenai tubuh.

Ada yang unik di balik kisah penamaan Air Terjun Ketemu Jodoh. Menurut seorang pengelola tempat wisata itu, Kuha (67), air terjun tersebut ditemukan oleh bangsawan kampung bernama Karaeng Bulu Takapala pada 1982.

Saat berada di air terjun itu, kata Kuha, Karaeng melihat ada seorang lelaki asing yang sedang mengucapkan ikhtiar menghadap air terjun. Lelaki itu rupanya tengah mengadukan nasibnya yang saat itu yang belum menemukan pendamping hidup atau jodoh.

Selang sekitar beberapa menit, lelaki itu pun menemukan jodohnya. Perempuan berparas cantik muncul di belakangnya. Mereka pun saling akrab dan akhirnya berujung membangun rumah tangga yang utuh.

“Kisahnya demikian menurut keyakinan masyarakat sini. Di mana kedua pasangan yang dipertemukan itu kemudian bersepakat menyebut air terjun ini dengan nama Air Terjun Ketemu Jodoh, begitulah asal-usulnya yang saya tahu,” ungkap Kuha di Gowa, Sulsel, Sabtu (3/9/2016).

Kisah inilah yang kemudian berkembang dan banyak diyakini juga oleh masyarakat dari luar sehingga air terjun itu selalu ramai pengunjung. Ada yang hanya sekadar ingin menikmati kesejukan air terjun, namun ada juga yang mencoba keberuntungan mencari jodoh.

Hingga saat ini air terjun itu terus kebanjiran pengunjung. Baik dari wisatawan lokal maupun dari mancanegara.

“Bukan hanya masyarakat sekitar yang menghampiri tempat ini, ada malah dari Malaysia, Australia, Singapuram dan ada juga dari Eropa,” tutur Kuha.

Biaya masuk ke air terjun ketemu jodoh cukup murah, yakni Rp 5.000. Tak hanya itu warga sekitar juga telah menyediakan tempat untuk peristirahatan bagi para pelancong yang ingin menyewa pondok seharga Rp 150.000 per hari disertai fasilitas makanan dan minuman siap santap.

Air terjun Ketemu Jodoh di Malino air terjun indah di Kota Bunga
@rdhaarhmn_ – Katanya siee klo mandi disini dapat jodoh😅😁😂

 

Cewek Hijab Manis traveling Wisata jalan jalan di Kota Malino Air terjun ketemu Jodoh
@raahanami – Kamu itu punya dua mata. But why? Menilai org hanya dari telinga🙃😓

 

Lokasi Air terjun Ktemu Jodoh yang indah
@jiadnfs – Tetesan air mengalir deras
Membuat suasana sunyi menjadi pecah, gemuruh
Sinar matahari yang menyelimuti genangan air
Membuat suasana layaknya surga dunia Lumut yang menghiasi bebatuan Seolah berjalan-jalan di atas air Yang menghiasi tepi air terjun Seolah terhipnotis, akan keindahannya Desiran angin bagaikan melodi di telinga.

 

Cewek cantik hijab pakai legging main air terjun
@phypifebriani – Holiday🌲

 

Kumpulan Cewek Igo manis dan seksi Main Air terjun
@anggerianidian – Luangkan waktu sejenak untuk membuat jiwamu tenang dan bahagia dengan cara sederhana

Lokasi : Desa Bonto Te’ne, Kecamatan Tingg Moncong, Kabupaten Gowa

Harga Tiket Masuk : Rp. 5.000

Beri tanggapan