fbpx

Debat Capres di Kampus, ini Tanggapan Moeldoko

GEMA, JAKARTA – Moeldoko, Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf menilai wacana debat capres yang akan digelar di kampus bagus untuk pendidikan politik. Dan menurutnya, debat tersebut harus menjadi sebuah forum.

“Kalau itu menjadi sebuah forum bagus untuk pendidikan politik ya saya pikir ya bagus,” kata Moeldoko di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, pada Senin, 22 Oktober 2018.

Mengenai jadi atau tidaknya debat di kampus serta model format debat yang akan berlangsung, Moeldoko menyerahkannya ke KPU. Termasuk potensi pelanggaran yang akan terjadi jika debat berlangsung di kampus.

“Yang tahu rule-nya dari KPU. Jadi kita akan mengikuti saja. Kalau KPU menyetujui ya kita akan mengikuti, tapi kalau bersifat pendidikan politik ya bagus, tetapi ini persoalannya berbenturan dengan aturan main tadi,” ujar Moeldoko.

Sebelumnya, Koordinator juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak mengusulkan debat capres KPU digelar di kampus-kampus terpilih. Bukan tanpa alasan Dahnil menyarankan debat capres digelar di kampus. Alasan ekonomi jadi yang utama.

“Kami mengusulkan debat capres yang digelar oleh KPU RI digelar di kampus terpilih, diikuti oleh akademisi dan mahasiswa terpilih yang bebas berdialog dan ‘menguliti’ semua visi-misi kandidat dan live di TV-TV nasional, tidak perlu menghadirkan para pendukung di hotel misalnya,” kata Dahnil dalam keterangan tertulisnya, pada Minggu, 21 Oktober 2018.

Sementara itu, kubu Jokowi-Ma’ruf menanggapi niat Dahnil dengan menyebut mereka mengikuti keputusan KPU. Meski demikian, tak ada nada penolakan dari pihak Jokowi.

“Kalau pilpresnya itu debat yang mengatur KPU, nah itu kita kembalikan pada KPU bagaimana format KPU mengatur debat itu. Di Amerika misalnya, debat pilpres itu kan di kampus lokasinya, nah itu kita serahkan kepada KPU. Kalau memang KPU nanti menetapkannya debat di dalam kampus, ya kita ikuti,” kata Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Arsul Sani di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Arsul enggan menyarankan format debat di kampus ke KPU karena itu merupakan usulan dari tim Prabowo-Sandi. Lagi pula, lanjut Arsul, KPU sendiri belum mengeluarkan format debat Pilpres 2019.

Beri tanggapan