fbpx
Pasang iklan

13 Tempat Wisata Soppeng Yang Wajib Anda Dikunjungi Ketika Berkunjung di Kota Kalong

(Gema – Wisata) Kabupaten Soppeng merupakan salah satu Kabupaten yang ada di provinsi Sulawesi Selatan. Pusat kota berada di Watansoppeng. 

Daerah ini memang tidak memiliki wilayah pantai. Wilayah perairan yang ada berasal dari Danau Tempe. Walau demikian, daerah ini tetap punya pesona pegunungan yang menakjubkan. Dan mata airnya akan membuat wisatawan dan pengunjung yang datang ke Soppeng menjadi terpana.

Jika travelers ingin berwisata atau berkunjung ke Soppeng, maka ada baiknya kalian ketahui dulu objek wisata menarik yang ada di daerah ini. Berikut kami rangkum informasinya buat kalian.

1. PERMANDIAN AIR PANAS LEJJA

Tempat wisata yang satu ini merupakan primadona di Soppeng. Apalagi buat wisatawan yang gemar dengan nuansa alam dan air panas. Di sini para pengunjung bisa melihat secara langsung aliran dan sumber mata air panas dari pegunungan.

Air panas itulah yang mengaliri setiap kolam yang ada di tempat wisata ini. Mulai dari kolam yang berukuran kecil hingga yang berskala besar.

Suhu airnya mencapai 60°C. Masyarakat setempat percaya, kalau mandi di permandian air panas Lejja akan menyembuhkan penyakit gatal-gatal dan rematik. Jadi jangan heran, jika obyek wisata selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun dari luar negeri.

Wisata Soppeng Cewek Hijab Basah Main Air di Lejja
Permandian Lejja – Photo by @cilmhyda

~ Harga Tiket: Wisatawan yang masuk akan dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000 untuk orang dewasa. Dan Rp. 2.500, untuk anak-anak.

~ Fasilitas: Tersedia ruang bilas, ruang ganti, pondok yang bisa disewa, lapangan tenis, serta baruga wisata yang bisa menampung 300 orang.

~ Lokasi: Permandian Air Panas Lejja terletak dikawasan hutan lindung. Tepatnya di Desa Bulu, Kecamatan Marioriawa. Jarak menuju lokasi sekitar 44 km dari Kota Watansopeng. 

2. MUSEUM VILLA YULIANA

Objek wisata yang berada di tengah-tengah kota Soppeng ini tidak boleh dilewatkan yah guys. Soalnya, jika kalian berkunjung ke sini, maka pengetahuan kalian tentang sejarah di jamin bertambah.

Museum Villa Yuliana sendiri tergolong bangunan bersejarah peninggalan Pemerintahan Hindia Belanda. Villa ini telah berdiri kokoh lebih dari seabad yang lalu, tepatnya pada tahun 1905. Kombinasi putih dan hijau merupakan ciri khas Villa Yuliana.

Villa Yuliana dibangun oleh Gubernur Hindia Belanda, C A Kroesen untuk membuktikan rasa cintanya kepada Ratu Yuliana.

Villa Ratu Yuliana Wisata Soppeng Perawat Cantik jadi Hantu di Soppeng manis Cewek IGO
Villa Yuliana – Photo by @nurul_asma98

~ Lokasi: Museum Villa Yuliana terletak di Jl Pengayoman, Soppeng. Posisinya berdekatan langsung dengan Rumah Dinas Bupati Soppeng. Jadi nggak repot kan nyarinya.

3. PERMANDIAN LERENG HIJAU BULU DUA

Travelers yang suka pemandangan indah dan memanjakan mata wajib datang ke objek wisata yang satu ini. Selain bisa berenang, wisatawan juga akan merasakan sejuknya udara di sekitar lokasi. Apalagi permandian lereng hijau ini berbatasan langsung dengan lereng hijau Lembah Bulu Dua, Soppeng.

Fasilitas kolam renang di tempat wisata ini juga lengkap kok. Jadi tidak perlu khawatir. Pengunjung bisa beristirahat dan santap siang di Gazebonya. Ada juga fasilitas karaoke Family Gathering-nya lho guys.

Wisata Soppeng Jalan Bulu Dua indah dan sangat sayang untuk dilewatkan
Jalan Bulu Dua – Photo by @sviliaa

~ Harga Tiket: Untuk sekali masuk, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 10 ribu untuk orang dewasa. Dan Rp 5 ribu untuk anak-anak.

~ Lokasi: Permandian Lereng Hijau Bulu Dua terletak di Desa Gattareng Toa,  Kecamatan Marioriwawo, Soppeng.

4. PERMANDIAN ALAM OMPO

Destinasi wisata yang satu ini merupakan andalan bagi wisatawan lokal dan mancanegara. Selain dikenal dengan airnya yang bersih, suasana alam di sekitar lokasi juga sangat sejuk.

Di tempat wisata Alam Ompo ini juga terdapat area untuk perkemahan. Selain itu, ada pula lokasi untuk menggelar  balap motor (road race). Serta danau buatan yang cukup luas. Jadi sangat cocok dijadikan tempat bermain perahu dan memancing berbagai ikan air tawar.

Cewek Igo Manis pakai Baju Kaos Jilbab Merah Seksi di Permandian Alam di Ompo
Permandian Alam Ompo – Photo By @sryrahmadani24

~ Lokasi: Permandian Alam Ompo terletak di Kelurahan Ompo, Kecamatan Lalabata. Jarak menuju lokasi sekitar 3 km dari pusat kota Watangsoppeng.

5. GUA CODDONG

Destinasi wisata yang satu ini konon merupakan peninggalan manusia purba. Mereka juga menggunakan Goa ini sebagai tempat berlindung, agar terhindar dari cuaca buruk atau pun serangan hewan buas.

Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini akan menjumpai beberapa tengkorak manusia yang diketahui sebagai spesias dari etnis suku Bugis. Struktur Goa sendiri terbentuk secara alami. Sementara di sekitar goa terdapat bermacam-macam batu gamping karst yang terbentuk dari jutaan tahun yang lalu.

Gua Coddong Citta Pohon dan Gua Wisata Soppeng
Gua Coddong – Photo by @ihsan_yw

~ Lokasi: Gua Coddong terletak di Desa Citta, Kecamatan Liliriaja, Kabupaten Soppeng. Jarak menuju lokasi sekitar 53 Km dari pusat kota Watansoppeng.

6. TAMAN KALONG

Tempat wisata yang satu tepat berada di jantung kota Soppeng. Taman Kalong sangat cocok buat wisatawan yang sekedar ingin bersantai bersama keluarga dan pasangan. Di tempat ini pengunjung bisa menikmati suasa kota yang dikenal dengan sebutan Bumi La Temmamala tersebut.

Di kawasan Taman Kalong juga terdapat air mancur dry fountain. Jadi, pas banget dijadikan area bermain air dan berfoto-foto dengan background  kelelawar raksasa.

Wisata Soppeng Cewek Soppeng Bugis Cantik Pakai Hijab manis
Taman Kalong – Photo by @dewielyandariyudha

~ Lokasi: Taman Kalong terletak di Botto, Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng.

7. RUMAH ADAT SAO MARIO

Wisatawan yang suka dengan pengetahuan sejarah, adat, dan budaya maka rumah adat satu wajib kalian kunjungi jika sedang berada di Soppeng.

Rumah Adat Sao Mario dikenal oleh warga setempat dengan sebutan rumah 100 tiang. Bangunan bersejarah ini difungsikan sebagai museum daerah. Pengunjung yang datang, bisa melihat langsung berbagai macam koleksi barang antik dari zaman kerajaan terdahulu.

Rumah adat yang menjadi salah satu destinasi wisata ini dibangun pada tahun 1989. Menurut catatan sejarah Pemda setempat, bahwa pendiri rumah adat ini yakni Profesor Andi Mustari. Beliau dikenal sebagai saudagar Bugis yang sangat sukses di tanah rantau.

Cewek Hijab Manis Wisata Soppeng Jilbab Manis Gemuk indah
Rumah Adat Sao Mario – Photo by @fitriawanti_fiir

~ Lokasi: Rumah Adat Sao Mario terletak di Kelurahan Manorang Salo, Kecamatan Marioriawa. Jarak menuju lokasi sekitar 30 Km dari pusat kota Watangsoppeng. Lokasinya juga berdekatan dengan Permandian Air Panas Lejja.

8. PUNCAK BICCUING

Destinasi wisata yang satu terbilang baru di Soppeng. Walau demikian, tempat ini mampu menawarkan keindahan alam yang asri dan sejuk. Kota Watangsoppeng akan tampak berbeda jika kalian meilihatnya dari puncak Biccuing ini lho guys.

Buat travelers yang hobby fotografi atau foto-foto dengan background pemandangan yang indah, maka tempat ini sangat direkomendasikan buat kalian.

Cewek igo cantik dan mais di Puncak Ciddung Wisata Soppeng
Puncak Biccuing – Photo by @yusinurfatimah

~ Lokasi: Puncak Biccuing terletak di Dusun Bicciung, Kelurahan Botto, Kecamatan Lalabata. Jarak menuju lokasi butuh waktu sekitar 45 menit dari Kota Watangsoppeng.

9. AIR TERJUN LAPASERENGI DATAE

Objek wisata dengan nuansa air terjun ini memiliki sejuta pesona. Tebing-tebing tinggi menjulang dibalut lekukan bebatuan, menambah keindahan air terjun tersebut. Apalagi udara di sekitar terbilang sejuk dan menyegarkan

Namun sayangnya, belum banyak masyarakat Soppeng yang mengetahui tempat wisata ini. Hal itu tentu sangat wajar, sebab Air Terjun Lapaserengi berada di tengah-tengah hutan belantara. Jalan menuju lokasi air terjun pun tidak mudah. Jalurnya yang menantang, membuat travelers harus ekstra hati-hati.

~ Lokasi: Air Terjun Lapaserengi Datae terletak di RW Datae Dusun Mattirobulu, Desa Bulue, Kecamatan Marioriawa,Soppeng.

10. AIR TERJUN MINAWOE.

Objek wisata ini dikenal juga dengan Air Terjun Susun Tiga Minawoe. Pasalnya, air terjun ini tampak tersusun seperti anak tangga.

Buat wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat, maka disarankan untuk datang pada musim kemarau. Karena jalur menuju lokasi sangat tidak bersahabat pada musim hujan.

Wisata Soppeng tersembunyi Air Terjun Cewek seksi dan Jilbab Ketat
Air Terjun Lapa Serengi Data – Photo by @emmy_kasmiati

~ Lokasi: Air Terjun Minawoe terletak di Dusun Kajuara, Desa Bulue, Kecamatan Marioriawa. Jarak menuju lokasi sekitar 5 Km dari Permandian Air Panas Lejja.

11. PERMANDIAN ALAM CITTA

Destinasi wisata air ini bisa dijadikan salah satu alternatif jika kalian sedang berlibur di Soppeng. Salah satu kelebihan di tempat permandian ini, yakni airnya sangat dingin, dibanding tempat permandian lainnya.

Di lokasi yang sama, pengunjung juga bisa menikmati panorama alam. Seperti pemandangan alam pegunungan Citta.

~ Harga Tiket: Setiap pengunjung yang datang akan dikenakan biaya sebesar Rp 5 ribu untuk dewasa. Dan Rp 3 ribu untuk anak-anak.

~ Lokasi: Permandian Alam Citta terletak di Desa Citta, Kecamatan Citta, Soppeng.Jarak menuju lokasi sekitar 30 km. Waktu tempuh berkisar 45 menit.

12. PUNCAK BUKIT SEWO

Mau menikmati Kota Soppeng dari ketinggian 450 mdpl? Cobalah datang ke tempat wisata yang satu ini. Apalagi Bukit Sewo ini cukup dekat kok dari kota Soppeng.

Saat tiba di puncak bukit, mata kita akan terpesona dengan pemadangan yang menakjubkan, seluruh kota Soppeng tampak di pelupuk mata. Ditambah pegunungan, hamparan persawahan,hingga danau tempe pun terlihat dari puncak bukit Sewo ini.

Di puncak bukit, pengunjung juga bisa lho mendirikan tenda. Kalau kalian ingin bermalam di puncak bukit, jangan lupa bawa jaket tebal yah. Soalnya, udara di malam hari sangat menyengat dan menusuk hingga ke tulang.

~ Lokasi: Puncak Bukit Sewo terletak di Bila, Kecamatan Lalabata, Soppeng. Waktu tempuh menuju lokasi hanya 15 menit dari Ibu Kota Watangsoppeng.

13. NEGERI DI ATAS AWAN Tellongeng Mariang’e 

Destinasi wisata pegunungan ini sangat cocok kalian kunjungi jika berlibur ke Soppeng. Apalagi buat kalian yang suka mendaki. Di puncak pegunungn ini ada banyak spot menarik dan menggoda mata.

Nama Tellongeng Mariang’e sendiri berarti Jendela Meriam. Pemberian nama ini memiliki sejarahnya tersendiri. Konon tempat ini, pernah digunakan pasukan Belanda untuk menyimpan meriam. Hal itu mereka lakukan, agar bisa menggempur wilayah Soppeng secara leluasa.

Saat pagi menjelang, pengunjung bisa melihat secara langsung hamparan awan putih yang menyelimuti kota. Inilah alasan, sehingga tempat ini disebut sebagai Negeri di Atas Awan ala Soppeng.

~ Lokasi: Negeri di Atas Awan Tellongeng Mariang’e terletak di Desa Mattabulu, Kecamatan Lalabata, Soppeng. Waktu tempuh menuju lokasi kurang lebih 15 menit dari kota Watansoppeng. 

Untuk mencapai puncak, travelers harus berjalan kaki selama 30 menit. Dalam perjalanan kalian akan menjumpai Hamparan hutan Pinus yang hijau.

Semoga informasi ini bermanfaat yah travelers!

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)